Joe Biden Angkat Bicara Usai Putin Peringatkan Barat karena Pasok Senjata Jarak Jauh ke Ukraina

Joe Biden Angkat Bicara Usai Putin Peringatkan Barat karena Pasok Senjata Jarak Jauh ke Ukraina

Global | okezone | Jum'at, 7 Juni 2024 - 09:34
share

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden angkat bicara usai Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan negara Barat karena memasok senjata jarak jauh ke Ukraina.

Ketika ditanya tentang komentar Putin tersebut, Biden mengatakan kepada ABC News pada Kamis (6/6/2024) saat peringatan D-Day di Prancis bahwa Ukraina terbatas dalam menembakkan senjata yang dipasok AS ke sasaran di wilayah Rusia di dekat perbatasan kedua negara.

Kami tidak berbicara tentang memberi mereka senjata untuk menyerang Moskow, untuk menyerang Kremlin, katanya, dikutip Reuters.

Tepat di seberang perbatasan di mana mereka menerima tembakan senjata konvensional yang signifikan yang digunakan oleh Rusia untuk pergi ke Ukraina untuk membunuh warga Ukraina, lanjutnya.

Biden mengacu pada pasukan dan artileri Rusia yang dikerahkan tepat di wilayah Rusia untuk mendukung serangan Rusia terhadap kota Kharkiv di Ukraina timur laut, yang juga terkena bom luncur yang diluncurkan oleh jet Rusia dari wilayah udaranya.

Washington melarang Kyiv menyerang wilayah Rusia dengan ATACMS, yang memiliki jangkauan hingga 186 mil (300 km), dan senjata jarak jauh lainnya yang dipasok AS.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron, saat berkunjung ke Kyiv pada 3 Mei lalu, mengatakan kepada Reuters bahwa Ukraina mempunyai hak untuk menggunakan senjata yang disediakan oleh Inggris untuk menyerang sasaran di Rusia, dan terserah pada Kyiv apakah akan melakukannya.

Seperti diketahui, Kremlin pada Kamis (6/6/2024) mengatakan bahwa negara-negara Barat yang memasok senjata kepada Ukraina untuk menyerang wilayah Rusia harus memperhitungkan Rusia, setelah Putin mengatakan ia mempertimbangkan untuk mempersenjatai musuh-musuh Barat sebagai pembalasan.

Topik Menarik