Israel Masih Jauh dari Target Hancurkan Hamas, Tak Bisa Lenyapkan Setiap Pejuang Atau Terowongan

Israel Masih Jauh dari Target Hancurkan Hamas, Tak Bisa Lenyapkan Setiap Pejuang Atau Terowongan

Global | okezone | Jum'at, 7 Juni 2024 - 07:59
share

GAZA - Peter Lerner, juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF), mengatakan kepada Reuters bahwa mereka masih jauh dari target menghancurkan Hamas, yang menurutnya juga telah kehilangan sekitar setengah dari kekuatan tempurnya.

Lerner mengatakan militer beradaptasi dengan perubahan taktik kelompok tersebut dan mengakui bahwa Israel tidak dapat melenyapkan setiap pejuang Hamas atau menghancurkan setiap terowongan Hamas.

"Tidak pernah ada tujuan untuk membunuh setiap teroris yang ada di lapangan. Itu bukan tujuan yang realistis," ujarnya.

Menghancurkan Hamas sebagai otoritas pemerintahan adalah tujuan militer yang seharusnya dapat dicapai, lanjutnya.

Lerner setuju bahwa Israel menghadapi pertempuran panjang untuk mengalahkan Hamas, yang telah menguasai Jalur Gaza sejak 2006.

Tidak ada perbaikan yang cepat setelah 17 tahun mereka membangun kemampuannya, tambahnya.

Hamas telah membangun terowongan kota bawah tanah sepanjang 500 km (310 mil) selama bertahun-tahun. Labirin tersebut, yang dijuluki metro Gaza oleh militer Israel, kira-kira setengah panjang sistem kereta bawah tanah New York. Dilengkapi dengan air, listrik, dan ventilasi, tempat ini menjadi tempat berlindung bagi para pemimpin Hamas, pusat komando dan kendali, serta gudang senjata dan amunisi.

Militer Israel mengatakan pekan lalu bahwa mereka telah menguasai seluruh perbatasan darat Gaza-Mesir untuk mencegah penyelundupan senjata. Sekitar 20 terowongan yang digunakan Hamas untuk membawa senjata ke Gaza ditemukan di zona tersebut.

Topik Menarik