Kenapa Lihat Wajah Wasit Ahmed Al Kaf Bikin Hati Dongkol? Ini Penjelasan Ilmiahnya 

Kenapa Lihat Wajah Wasit Ahmed Al Kaf Bikin Hati Dongkol? Ini Penjelasan Ilmiahnya 

Gaya Hidup | inews | Jum'at, 11 Oktober 2024 - 11:52
share

JAKARTA, iNews.id - Kenapa lihat wajah wasit Ahmed Al Kaf bikin hati dongkol dan membencinya? Ketahui jawabannya di artikel ini. 

Wasit Ahmed Al Kaf jadi musuh utama warga Indonesia saat ini, setelah laga Indonesia vs Bahrain ditutup imbang 2-2. Banyak netizen dan selebriti dibuat kesal oleh pria asal Oman tersebut. 

Di X, banyak sekali warganet yang melontarkan sumpah serapah untuk wasit Ahmed Al Kaf. Tak sedikit yang berkata kasar kepada sang wasit yang dinilai telah mencurangi Timnas Indonesia. 

Warga +62 sangat kesal dengan sosok wasit Ahmed Al Kaf, salah satu alasannya karena merasa telah dirampok. Ya, skor 2-2 dirasa tidak adil bagi Indonesia. 

Nah, di artikel ini dibahas kenapa seseorang bisa begitu kesal dan marah hanya karena melihat foto atau membaca informasi terkait orang yang dibenci. Penasaran? 

Kenapa Lihat Wajah Wasit Ahmed Al Kaf Bikin Hati Dongkol? 

Menurut Robert Sapolsky, penulis buku 'Why Your Brain Hates Other People', seseorang bisa merasa sangat kesal hanya dari melihat foto, karena emosi yang menumpuk dan pikiran negatif memicu respons seperti membenci. 

Bahkan, reaksi dari kebencian itu bisa sampai membuat seseorang stres. Hal itu disampaikan AJ Marsden, asisten profesor Psikologi di Beacon College di Leesburg, Florida. 

"Respons tubuh dari melihat sesuatu yang dibenci bisa sangat sakit hati, kesal, hingga memicu stres," katanya, dikutip dari laman Headspace, Jumat (11/10/2024). 

Marsden melanjutkan, semakin banyak informasi buruk yang ditangkap otak terkait orang yang dibenci, maka semakin besar rasa kesal dalam diri seseorang. Terlebih, ada faktor kedekatan. 

Pada kasus wasit Ahmed Al Kaf, masyarakat Indonesia amat membenci dia karena begitu besar rasa cinta akan Tanah Air dan Timnas Indonesia pastinya. Laga Indonesia vs Bahrain yang mana wasit memiliki banyak keputusan kontroversial, membuat rasa benci semakin besar. 

Fakta bahwa gol kedua Bahrain dicetak di menit 90+9 tak bisa terbantahkan. Hal ini yang semakin membuat kesal masyarakat Indonesia pada wasit Ahmed Al Kaf. 

"Semakin banyak informasi negatif yang diterima otak, maka semakin besar perasaan benci dalam diri," ungkap Marsden. 

Menjadi catatan sekarang adalah jangan biarkan perasaan negatif itu ada dalam pikiran Anda. Marsden mengatakan, kita harus belajar mengatasi ketidaksukaan itu agar dapat melanjutkan hidup. 

"Jika kita tidak suka pada seseorang, kita mungkin akan menjauhi orang itu, mencemoohnya, hingga menyakitinya dengan cara apa pun," katanya. 

Nah, agar terbebas dari 'lingkaran setan' itu, Marsden menyarankan agar belajar soal kesadaran. Artinya, jika rasa benci itu muncul seketika lalu memengaruhi pikiran dan tubuh secara keseluruhan, tanggapi secara rasional. 

"Cobalah untuk menjauhi perasaan itu, atau jika orangnya ada di dekat Anda, jauhi dia. Tidak ikut terlibat lagi dalam perasaan itu adalah cara terbaik. Jika susah, blokir atau hilang dari jangkauannya," ungkap Marsden. 

Di artikel ini juga akan membahas sedikit soal profil wasit Ahmed Al Kaf. Simak beritanya sampai selesai. 

Profil Ahmed Al Kaf, Wasit Asal Oman yang Rampok Kemenangan Timnas

Ahmed Al Kaf adalah wasit di laga Indonesia vs Bahrain. Namanya ramai dibicarakan di media sosial, karena dianggap telah merampok kemenangan Timnas Indonesia. 

Gegara itu, netizen Indonesia ngamuk bahkan sampai anggota kerajaan Bahrain kena semprot. Ya, Khaled Hamad Al Khalifa adalah salah satu yang Instagramnya digeruduk netizen +62. 

Infografis Profil Ahmed Al Kaf: Wasit Kontroversial Laga Timnas Indonesia Kontra Bahrain
Infografis Profil Ahmed Al Kaf: Wasit Kontroversial Laga Timnas Indonesia Kontra Bahrain

Terlepas dari itu, berikut ini profil singkat wasit Ahmed Al Kaf:

Ahmed lahir pada 6 Maret 1983. Dia mulai bertugas pada 2010 dan dipercaya memimpin laga Kualifikasi Piala Dunia sejak 2018. Sejak 2018, Ahmed telah memimpin sebanyak 20 pertandingan Kualifikasi Piala Dunia. 

Tak hanya memimpin Kualifikasi Piala Dunia, dia juga pernah memimpin Piala Asia, Liga Champions Asia, hingga Piala Asia U-23.

Jadi, itu dia alasan kenapa lihat wajah wasit Ahmed Al Kaf bikin dongkol. Secara umum, rasa sakit hati berlebih akan memicu perasaan benci dan itu perlu dikendalikan.

Topik Menarik