Bantu Tingkatkan Imunitas Tubuh, 5 Tips Makan Sayur agar Lebih Nikmat

Bantu Tingkatkan Imunitas Tubuh, 5 Tips Makan Sayur agar Lebih Nikmat

Gaya Hidup | okezone | Jum'at, 13 September 2024 - 09:30
share

MUSIM pancaroba mulai dirasakan dan bisa membuat tubuh mudah terserang penyakit. Perubahan cuaca yang drastis seperti saat ini, salah satunya bisa berisiko untuk kesehatan sehingga butuh imunitas yang kuat.

Salah satu caranya ialah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti olahraga teratur, hingga mengonsumsi makanan bergizi seperti sayuran . Tak hanya kaya serat dan vitamin, sayuran begitu bagus untuk kesehatan hingga meningkatkan imunitas.

Ada beberapa jenis sayuran yang bisa jadi pilihan Anda sebagai program meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, mungkin Anda masih bingung bagaimana cara yang tepat mengonsumsi sayuran ini supaya lebih nikmat saat dikonsumsi.

Penasaran, bagaimana tips mengonsumsi sayur-sayuran agar lebih nikmat. Yuk simak informasinya sebagaimana dilansir dari Good RX Health, Jumat (13/9/2024).

1. Dipanggang: Cara ini baik dilakukan dan bisa jadi variasi untuk mengonsumsi sayuran lebih sehat.Bisa menambahkan berbagai menu protein sebagai pendamping sayur. Ayam atau pun daging yang dipanggang akan terasa nikmat, namun bakal lebih sehat dengan tambahan sayuran.

Selain itu, metode ini bisa jadi lebih sehat karena tak menggunakan minyak goreng. Dengan begitu, Anda tetap bisa menikmati sajian yang lezat tapi tetap sehat karena selalu ada sayuran di dalamnya.

2. Dibuat jadi sup: Sup adalah cara yang tepat untuk menyajikan berbagai sayuran. Anda dapat memotong sayuran yang berbeda untuk ditambahkan ke sup berbahan dasar kuah kaldu. Berbagai jenis sayuran seperti buncis, wortel, dan kentang bisa jadi pilihan tepat.

3. Buat tumisan: Menumis bisa menjadi cara sederhana namun lezat untuk memenuhi kebutuhan sayuran harian. Beberapa sayuran yang bisa Anda tumis seperti kacang polong, wortel, brokoli, hingga paprika. Anda bisa menambahkan protein lainnya seperti daging cincang, jamur, ataupun tahu.

4. Dibuat jus: Menikmati sayuran menjadi jus juga baik untuk membuatnya lebih sehat dan nikmat. Cara ini tentu efektif untuk membuat Anda menambah daya tahan tubuh lewat sayur-sayuran.

Beberapa sayur yang bisa Anda jus seperti sawi, kale, wortel hingga tomat. Untuk memberi rasa segar, bisa tambahkan nanas hingga lemon.

5. Masukkan di sandwich: Jika hendak mengonsumsi sandwich daging yang lezat, tak ada salahnya untuk menambahkan sayuran di dalamnya. Ini juga menjadi tips agar Anda tetap mengonsumsi sayuran meski hendak menyantap sandwich.

Beberapa sayuran khas dalam sandwich antara lain selada, tomat, dan bawang bombay. Anda juga bisa menambahkan isian lainnya seperti jamur portobello, irisan ubi jalar, dan paprika.

Topik Menarik