Miris! Viral Bayi Diduga Dicekoki Alkohol oleh Orang Dewasa, Bahaya Ini Mengancam Nyawanya

Miris! Viral Bayi Diduga Dicekoki Alkohol oleh Orang Dewasa, Bahaya Ini Mengancam Nyawanya

Gaya Hidup | inews | Jum'at, 13 September 2024 - 08:08
share

JAKARTA, iNews.id - Viral di media sosial satu video memperlihatkan seorang bayi diduga diberi minum alkohol oleh orang dewasa. Semakin miris ketika orang dewasa lainnya di video itu malah puas menertawakan kejadian tersebut.

"Minum, minum arak minum. Mabuk, mabuk," kata si pria yang diduga memberikan alkohol ke si bayi, dikutip dari akun X @dhemit_is_back, Kamis (12/9/2024).

Kejadian ini belum diketahui pasti di mana, namun netizen mengecam keras aksi orang dewasa yang diduga memberi minum alkohol ke bayi. Netizen berharap agar orang dewasa yang ada di video ini bisa ditangkap. Beberapa lainnya kasihan dengan si bayi.

"Ketawa ketawa, nanti ketangkep nangis," ujar @cla***.

"Makin gendeng," ungkap @Yuu***.

"Jahat banget itu! Itu organ dalam perut bayi bisa hancur. Itu namanya matiin pelan-pelan. Kelakuan sinting, masa depan anak jadi taruhannya," kata @Osc***.

Ya, tubuh bayi akan mengalami efek buruk jika terpapar alkohol meski dalam jumlah yang sedikit. Hal ini karena organ tubuh bayi sangat sensitif dan alkohol bersifat merusak.

Menurut Children's Hospital of Philadelphia, risiko keparahan bisa terjadi pada tubuh bayi yang terpapar alkohol. Berikut ini tiga efek buruk bayi mengonsumsi alkohol, sekali pun dalam jumlah yang sangat sedikit. 

Bahaya Alkohol jika Diminum Bayi

  1. Paparan sedikit saja alkohol ke dalam tubuh bayi bisa menyebabkan efek yang besar. Selain itu, bayi yang terpapar alkohol bisa sangat mabuk.
  2. Sistem saraf bayi belum berkembang sempurna dan paparan alkohol dapat berpengaruh serius, salah satu contohnya alkohol dapat mengganggu kemampuan bayi untuk bernapas, dan ini menyebabkan kegagalan pernapasan.
  3. Alkohol dapat memengaruhi kemampuan bayi untuk menyusui. Padahal, bayi sangat bergantung pada pemberian makanan secara teratur untuk menjaga hidrasi dan kadar gula darahnya.

"Efek klinis yang berbahaya terkait dengan gula darah rendah atau dehidrasi dapat terjadi ketika bayi mabuk," ungkap laporan medis tersebut.

Jadi, sangat berbahaya jika bayi minum alkohol sekalipun dalam jumlah yang sangat sedikit. Semoga informasi ini bisa menjadi pengingat bagi para orangtua agar berhati-hati memberikan apapun ke bayi, terutama alkohol.

Topik Menarik