Harga St Edward Crown, Mahkota Raja Inggris yang Punya 2,2 Kg Emas 22 Karat

Harga St Edward Crown, Mahkota Raja Inggris yang Punya 2,2 Kg Emas 22 Karat

Gaya Hidup | sindonews | Minggu, 8 September 2024 - 09:33
share

Harga St Edward Crown yang merupakan mahkota Raja Inggris selama beberapa generasi harganya diperkirakan bisa mencapai jutaan dolar AS.

Mahkota mewah tersebut biasanya digunakan pada acara atau upacara penting saja, seperti penobatan raja baru. Saat ini mahkota raja tersebut tengah berada di tangan Raja Charles III setelah penobatannya di tahun 2022.

Mahkota St Edward Crown pertama kali dibuat untuk Raja Charles II pada 1661. Mahkota tersebut dibuat sebagai pengganti mahkota abad pertengahan yang telah dilebur pada 1649 oleh anggota parlemen.

Ratu Elizabeth di tahun 2018 mengungkapkan bahwa mahkota tersebut sempat dibuat lebih kecil untuk menyesuaikan kepalanya. Kemungkinan pada penobatan Raja Charles III, mahkota St Edward kembali diubah ukurannya.

Harga St Edward Crown

Dilansir dari International Gem Society, Mahkota St. Edward yang seharga USD57 juta atau sekitar Rp875 miliar (kurs Rp15.366) terbuat dari emas 22 karat dengan ikat kepala, salib, bunga lili, dan lengkungan.

Sebanyak 400 permata berharga terletak pada mahkota yang dipasang melalui rangka dari belakang, masing-masing ditopang oleh kerah emas dengan batu-batu yang disusun dalam kelompok di sekitar dudukan enamel putih yang berbentuk seperti daun acanthus.

Untuk rincian berbagai batu mulia di dalam mahkota St. Edward ini sempat dijelaskan oleh Saving Spot, yakni sebagai berikut.

- Ermine- Emas 22 karat- Beludru- Aquamarine- Carbuncle- Turmalin- Zirkon- Safir

- Garnet- Topaz- Batu kecubung- Peridot- Citrine- Almandine- Spinel

Secara total, Saving Spot menilai harga mahkota St Edward adalah sebesar 3.658.373 poundsterling atau sekitar Rp74 miliar (kurs Rp20.253).

Itulah perkiraan harga untuk St Edward Crown yang jika dirupiahkan dapat mencapai angka puluhan hingga ratusan miliar.

Topik Menarik