Tampil Sederhana, Paus Fransiskus Pakai Sepatu Hitam saat Tiba di Indonesia

Tampil Sederhana, Paus Fransiskus Pakai Sepatu Hitam saat Tiba di Indonesia

Gaya Hidup | inews | Selasa, 3 September 2024 - 17:34
share

JAKARTA, iNews.id - Paus Fransiskus tiba di Indonesia pukul 11.25 WIB, Selasa, 3 September 2024. Setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, pemimpin Gereja Katolik sedunia itu menggunakan kursi roda dan dibawa menuju mobil yang membawanya ke Kedubes Vatikan di Indonesia.

Di momen setelah turun dari pesawat dan didorong dengan kursi roda, publik bisa melihat kalau Paus Fransiskus mengenakan jubah putih dengan sepatu hitam.

Ya, Paus Fransiskus mengenakan sepatu hitam pada kunjungannya di Indonesia. Sepatu itu tampak sederhana dengan aksen tali. Tidak ada detail khusus di sepatu tersebut, hanya polos dan simpel.

Paus pun menggunakan kaus kaki hitam agar jalannya lebih nyaman.

Atribut lain yang dipakai adalah zucchetto putih yang ada di atas kepalanya. Zucchetto ini secara harfiah diterjemahkan sebagai labu kecil dari bahasa Italia.

Paus Fransiskus disambut hangat saat tiba di Indonesia. (Foto: INDONESIA PAPAL VISIT COMMITTEE)
Paus Fransiskus disambut hangat saat tiba di Indonesia. (Foto: INDONESIA PAPAL VISIT COMMITTEE/Danu Kusworo)

Lalu, Paus Fransiskus juga menggunakan kalung salib silver.

Sebagai informasi, Paus Fransiskus menuju Kedubes Vatikan menggunakan mobil Kijang Innova Zenix. Di sana dia akan menginap, lalu hari berikutnya, Rabu (4/9/2024), agenda Paus Fransiskus akan berkunjung ke Istana Negara, bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Paus Fransiskus menggunakan sepatu warna hitam, naik pesawat komersil, hingga mobil Innova ketimbang mobil anti-peluru ini pun jadi pembahasan di media sosial. Netizen memuji kesederhanaannya yang sangat patut dicontoh.

"Pemimpin umat yang mengajarkan keteladanan dan kesederhanaan. Panutan untuk semua," kata @harry***.

"Bapak Paus Fransiskus dijemput dari pesawat komersil, naik Innova, duduk di depan samping sopir. Wes, panutan," ungkap @indra***.

"Role model banget ini pemimpin agama plus kepala negara," ujar @call***.

Topik Menarik