Tega Banget, Dokter Aulia Dipalakin Senior 2 Tahun Lamanya Sebelum Meninggal Dunia

Tega Banget, Dokter Aulia Dipalakin Senior 2 Tahun Lamanya Sebelum Meninggal Dunia

Gaya Hidup | inews | Minggu, 1 September 2024 - 21:30
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengantongi fakta baru terkait kematian dokter Aulia Risma, dokter PPDS Anestesi Universitas Diponegoro (Undip) di RUSP Dr Kariadi Semarang, Jawa Tengah.

Diketahui kalau para senior dokter Aulia meminta uang di luar akademik pendidikan. Tidak tanggung-tanggung, nominal yang diminta berkisar Rp20 hingga Rp40 juta.

Duit dipakai untuk keperluan non-akademik, seperti bayar gaji OB, bayar penulis lepas untuk membuat naskah akademik, hingga kebutuhan senior lainnya.

Parahnya, tindakan ini ternyata sudah dialami dokter Aulia sejak semester 1 PPDS atau sekitar Juli hingga November 2022.

"Artinya, aksi pemalakan sudah berlangsung selama kurang lebih dua tahun," ungkap Juru Bicara Kemenkes dr Mohammad Syahril dalam keterangan resmi yang diterima iNews.id, Minggu (1/9/2024).

Permintaan uang di luar biaya pendidikan resmi ini ternyata tidak hanya dialami dokter Aulia, tapi juga teman-teman seangkatannya.

Dokter Syahril mendapati informasi ini dari hasil investigasi yang dilakukan Kementerian Kesehatan sejak pertengahan Agustus 2024. Bukti-bukti dan kesaksian yang diterima Kemenkes, kata dr Syahril, dipastikan sudah diserahkan ke polisi.

"Bukti dan kesaksian adanya permintaan uang di luar biaya pendidikan ini sudah diserahkan ke pihak kepolisian untuk dapat diproses lebih lanjut," kata dr Syahril.

Dengan begitu, dipastikan pihak kepolisian akan melakukan tindakan lebih lanjut atas kasus ini dan semoga keadilan bisa didapatkan Dokter Aulia.

Topik Menarik