Pasir Putihnya Tak Kalah dari Bali, 7 Pantai di Banten Layak Didatangi

Pasir Putihnya Tak Kalah dari Bali, 7 Pantai di Banten Layak Didatangi

Gaya Hidup | serpong.inews.id | Minggu, 1 September 2024 - 19:30
share
JAKARTA, iNewsSerpong.id - Pariwisata Banten belakangan ini menjadi sorotan wisatawan. Ya, Banten merupakan provinsi yang terletak di bagian barat Pulau Jawa dan lokasinya tak jauh dari Jakarta.

Pariwisata di Banten memang semakin dilirik. Salah satunya, karena pesona pantai -pantainya yang tak kalah dengan pantai yang ada di Bali. Namun, belakangan, isu gempa megathrust dari BKMG membuat wisatawan khawatir. Tak sedikit yang menganggap Banten hanya memiliki wisata pantai itu-itu saja.

Padahal, ada banyak deretan pantai di Banten dengan pesona alam yang masih begitu asri. Keindahannya gak kalah cantik dari Bali. Lantas, apa saja ya? Berikut di antaranya.

1. Pantai Carita

Pantai ini menjadi salah satu favorit di Banten berkat keindahan alamnya, sehingga dijadikan Taman Wisata Alam. Daya tarik utamanya adalah pasir putihnya yang ikonik. Selain hamparan pasir putih yang luas dan air laut yang jernih, pantai ini juga menawarkan beragam aktivitas seperti snorkeling, menyelam, dan banana boat, menjadikannya destinasi wisata yang sempurna.

2. Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung terkenal dengan pasir putih dan air lautnya yang berwarna biru kehijauan. Menghadap langsung ke Selat Sunda, pantai ini menawarkan pemandangan Gunung Krakatau yang legendaris di kejauhan. Sebagai salah satu destinasi wisata yang tengah dikembangkan pemerintah, Pantai Tanjung Lesung termasuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata.

3. Pulau Umang

Pulau Umang adalah destinasi wisata Banten yang cukup eksklusif dan terletak di Provinsi Banten. Pulau kecil ini menawarkan pemandangan laut jernih dengan pasir pantai yang lembut. Di Pulau Umang Anda bisa menginap di resor yang menyediakan berbagai aktivitas menarik, seperti snorkeling, diving, dan olahraga air lainnya. Pulau kecil dengan luas sekitar 5 hektare ini juga berbatasan dengan Selat Sunda bagian selatan, persis di pesisir kawasan konservasi Taman Nasional Ujung Kulon.

4. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna merupakan kawasan wisata pantai di Banten yang tergolong baru. Pantai Sawarna mulai ramai dikunjungi wisatawan sekitar tahun 2000 karena promosi yang ada di internet. Terletak di Desa Sawarna, Pantai Sawarna berjarak kurang lebih 150 KM dari Rangkasbitung. Setiap harinya, Pantai Sawarna dikunjungi oleh ratusan orang, baik yang dari sekitar Jawa Barat, hingga yang dari luar negeri. Biasanya wisatawan luar negeri datang ke Pantai Sawarna untuk berselancar karena Pantai Sawarna memiliki ombak yang cukup besar.

5. Pulau Dua atau Pulau Burung

Pulau Dua alias Pulau Burung adalah cagar alam seluas 30 hektare yang berlokasi di lepas pantai Banten. Seperti namanya, pulau ini dihuni oleh berbagai jenis burung dalam jumlah besar. Sekitar April sampai dengan Agustus, banyak sekali burung dari berbagai benua datang berkunjung ke Pulau Burung. Setelah musim berlalu, sebagian besar burung tersebut kembali ke tempat asalnya.

6. Pantai Tanjung Pasir

Pantai Tanjung Pasir terletak dekat Bandara Soekarno-Hatta, memungkinkan wisatawan menyaksikan pesawat lepas landas dan mendarat dari jarak dekat. Pantai ini juga dilengkapi berbagai objek wisata pendukung, seperti penangkaran buaya dan pelabuhan perahu untuk berkunjung ke Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu.

7. Pantai Karang Serang

Pantai eksotis berikutnya di Kabupaten Tangerang adalah Pantai Karang Serang, yang terletak di Kecamatan Sukadiri. Meskipun memiliki pasir berwarna kuning kecoklatan, pantai ini menawarkan garis pantai yang panjang. Lokasinya yang strategis dan mudah dijangkau dari kota menjadikannya destinasi yang menarik bagi wisatawan.

(*)

Topik Menarik