Semangat Nasionalisme dalam Karnaval Desa Tasikmadu

Semangat Nasionalisme dalam Karnaval Desa Tasikmadu

Gaya Hidup | tuban.inews.id | Selasa, 27 Agustus 2024 - 09:00
share

TUBAN, iNewsTuban.id - Semarak karnaval di Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, pada Minggu, (25/8) tidak saja menggambarkan semangat warga dalam merayakan HUT kemerdekaan RI ke-79 namun juga menunjukkan harmonisnya pemerintah desa dan warga.

 

Dalam karnaval dengan rute sepanjang 3 kilometer itu, Kades Tasikmadu Surmudji turut menjadi peserta. Uniknya, kades yang terlihat gagah dengan busana raja ini lebih memilih berjalan kaki ketimbang naik kuda atau kereta. 

 

"Dengan berjalan kaki bisa langsung membaur dengan warga yang menjadi peserta karnaval," kata Surmudji. 

 

 

Ditambahkannya dengan berjalan kaki dirinya juga mudah menyapa serta berinteraksi lebih dekat dengan warga yang menonton karnaval. Tentu beda jika ia naik kuda atau kereta hanya bisa menyapa warga sekilas. 

 

"Sekalian olahraga," ujar Kades tiga periode ini sambil tersenyum. 

 

Dalam sambutannya saat memberangkatkan peserta karnaval di perempatan jalan Masjid Al -Amien,Kades Surmudji mengucapkan rasa terima kasih atas besarnya partisipasi warga yang sangat antusias mengikuti kegiatan karnaval. Semangat warga menunjukkan besarnya jiwa nasionalis dan cinta tanah air. 

 

 

"Semoga kegiatan karnaval ini senantiasa mendapat rahmad dan berkah Allah SWT," harapnya. 

 

Usai menutup sambutan Kades langsung berbaris dijajaran perangkat desa yang turut menjadi peserta karnaval. Di siang yang cukup terik itu, Kades terlihat cukup bersemangat melangkah. Senyumnya merekah membalas sapaan warga yang memenuhi sepanjang rute karnaval. Sesekali Kades tiga periode ini harus melayani warga yang mengajak salaman atau minta foto bersama. Begitu akrab dan dekat dengan warganya. 

 

Rombongan kades terdiri dari perangkat desa yang tampil bersama pasangan. Mereka menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah. 

 

 

Peserta karnaval terdiri dari 32 kelompok peserta yang terdiri dari pemerintah desa, lembaga pendidikan, RT dan organisasi masyarakat. Masing-masing kelompok peserta membawakan beragam tema budaya maupun kesenian, berlomba menyajikan performa terbaiknya. 

 

Susik Susanto panitia PHBN Desa Tasikmadu mengatakan penilaian karnaval dilakukan dewan juri independen dari luar desa. Masing-masing Subowo, Nur KDI dan Satria Damar. 

 

"Penyerahan hadiah juara karnaval dan perlombaan lainnya akan diadakan pada 7 September pada malam pentas seni," tandas Susik Susanto

 

Topik Menarik