Gampang dan Valid, Ini 5 Cara Mengetahui Bau Mulut Sendiri

Gampang dan Valid, Ini 5 Cara Mengetahui Bau Mulut Sendiri

Gaya Hidup | serpong.inews.id | Selasa, 27 Agustus 2024 - 06:40
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id - 5 cara simpel mengetahui bau mulut sendiri ini bisa dipraktikkan, terlebih jika Anda merasa tidak percaya diri setelah makan makanan yang beraroma tajam. 

Ya, kerap kali kita tidak menyadari bau mulut sendiri. Akibatnya, orang di sekitar bisa merasa terganggu dan tidak nyaman dengan aroma mulut. 

Selain habis makan makanan beraroma tajam, bau mulut sejatinya bisa dikenali lewat tanda-tanda penyertanya, seperti mulut kering, lidah putih, lidah terasa panas, ludah kental, hingga rasa asam atau pahit pada mulut.

Apabila mengalami tanda-tanda itu, kemungkinan besar Anda sedang mengalami bau mulut. Untuk memastikannya, cobalah beberapa cara di bawah ini. 

5 cara mengetahui bau badan sendiri

1. Bernapas dalam gelas kosong

Percaya tidak percaya, Anda bisa mengecek aroma mulut dengan botol atau gelas kosong. Caranya, buang napas ke dalam botol atau gelas itu dan hirup aromanya. Dari situ Anda bisa mengetahui napas bau mulut atau tidak.

cara mengetahui bau mulut sendiri

cara mengetahui bau mulut sendiri

2. Mengecap rasa mulut sendiri

Seperti dijelaskan sebelumnya, bau mulut bisa terjadi karena Anda makan makanan beraroma tajam. Artinya, napas Anda akan mengikuti aroma makanan yang baru dimakan. 

Beda cerita jika mulut kering menjadi masalahnya. Ketika mulut kering, biasanya ludah akan lebih kental dan berbusa. Sementara itu, sisa makanan yang tertinggal bisa menimbulkan bau apek di mulut.

3. Tes aroma mulut

Cara ketiga ini sebaiknya dilakukan di toilet. Sebab, cara mengecek apakah mulut bau atau tidak dengan menjilat pergelangan tangan, lalu biarkan mengering, dan cium aromanya.

Kalau aroma yang muncul di kulit tidak sedap, kemungkinan besar begitu juga aroma mulut Anda.

4. Gunakan benang gigi

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengecek bau mulut adalah dengan floss atau benang gigi. Jadi, Anda bisa pakai floss untuk menyeka sisa makanan di sela-sela gigi. Setelah itu, diamkan floss dan cium aroma benang giginya, kurang lebih begitu bau napas Anda. 

5. Minta bantuan teman

Teknik lain mengetahui bau mulut adalah dengan meminta pendapat teman terdekat. Tanyakan langsung kepadanya, apakah mulut Anda bau atau tidak. 

Jangan malu melakukan ini, karena jika benar aromanya kurang sedap, Anda bisa segera gosok gigi dan berkumur untuk membuat mulut beraroma lebih segar dan harum.

Jadi, itu 5 cara mengetahui bau mulut sendiri. Silahkan dicoba, semoga informasi ini bermanfaat. 

(*)

Topik Menarik