4 Hal yang Diminta Setelah Sholat Tahajud yang Bisa Dipanjatkan Umat Muslim

4 Hal yang Diminta Setelah Sholat Tahajud yang Bisa Dipanjatkan Umat Muslim

Gaya Hidup | inews | Senin, 26 Agustus 2024 - 22:01
share

JAKARTA, iNews.id - Hal yang diminta setelah sholat tahajud perlu diketahui oleh umat Muslim. Sholat tahajud merupakan salah satu ibadah yang memiliki banyak keutamaan.

Di antara keistimewaan yang tersimpan pada sholat tahajud adalah terkabulnya hajat ataupun permintaan orang yang melaksanakannya. Keistimewaan tersebut dilandaskan dari sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Jabir bin ‘Abdillah Radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

إِنَّ فِي اللَّيْلِ لَسَاعَـةً، لاَ يُوَافِقُهَا رَجُـلٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللهَ خَيْرًا مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ، وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ.

“Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan hal tersebut ada di setiap malam.”

Berdasarkan hadits tersebut, ada baiknya umat Muslim meminta suatu hal yang lebih tinggi dan bermanfaat bagi banyak orang. Bukan hanya perkara kekayaan ataupun kemuliaan di dunia. 

Lantas, apa saja hal yang diminta setelah sholat tahajud? 

Melansir buku Amalan Ringan Paling Menakjubkan tulisan Syeikh Ali Jaber dan buku Tadabbur Doa Sehari-hari, karya Ahmad, Senin (26/8/2024), berikut empat hal yang diminta setelah sholat tahajud. 

Hal yang Diminta Setelah Sholat Tahajud

1. Meminta Pengampunan Dosa

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, sholat tahajud merupakan waktu yang yang tepat untuk berdoa. Salah satu doa yang bisa dipanjatkan adalah meminta pengampunan dosa.

Allah berfirman:

إِنَّ رَبَّكَ يَعْلَمُ أَنَّكَ تَقُومُ أَدْنَىٰ مِن ثُلُثَىِ ٱلَّيْلِ وَنِصْفَهُۥ وَثُلُثَهُۥ وَطَآئِفَةٌ مِّنَ ٱلَّذِينَ مَعَكَ ۚ وَٱللَّهُ يُقَدِّرُ ٱلَّيْلَ وَٱلنَّهَارَ ۚ عَلِمَ أَن لَّن تُحْصُوهُ فَتَابَ عَلَيْكُمْ ۖ فَٱقْرَءُوا۟ مَا تَيَسَّرَ مِنَ ٱلْقُرْءَانِ ۚ عَلِمَ أَن سَيَكُونُ مِنكُم مَّرْضَىٰ ۙ وَءَاخَرُونَ يَضْرِبُونَ فِى ٱلْأَرْضِ يَبْتَغُونَ مِن فَضْلِ ٱللَّهِ ۙ وَءَاخَرُونَ يُقَٰتِلُونَ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ ۖ فَٱقْرَءُوا۟ مَا تَيَسَّرَ مِنْهُ ۚ وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ وَأَقْرِضُوا۟ ٱللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا۟ لِأَنفُسِكُم مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِندَ ٱللَّهِ هُوَ خَيْرًا وَأَعْظَمَ أَجْرًا ۚ وَٱسْتَغْفِرُوا۟ ٱللَّهَ ۖ إِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌۢ


Artinya: Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran. Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al Muzzammil: 20).

2. Meminta Diberikan Kesabaran

Seorang Muslim yang melaksanakan sholat tahajud hendaknya meminta untuk diberikan kesabaran dapat dipanjatkan setelah sholat tahajud.

Allah SWT berfirman:

وَٱصْبِرْ لِحُكْمِ رَبِّكَ فَإِنَّكَ بِأَعْيُنِنَا ۖ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ حِينَ تَقُومُ


Artinya: Dan bersabarlah dalam menanti ketetapan Tuhanmu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun berdiri. (QS. At Thur: 48).

3. Meminta Keselamatan

Seorang Muslim dapat memohon kepada Allah agar diberi keselamatan dunia dan akhirat setelah sholat tahajud. 

Hal tersebut berdasarkan surat Al-Furqan ayat 63-64, Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَعِبَادُ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلَّذِينَ يَمْشُونَ عَلَى ٱلْأَرْضِ هَوْنًا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ ٱلْجَٰهِلُونَ قَالُوا۟ سَلَٰمًا


وَٱلَّذِينَ يَبِيتُونَ لِرَبِّهِمْ سُجَّدًا وَقِيَٰمًا


Arab-Latin: Wa 'ibādur-raḥmānillażīna yamsyụna 'alal-arḍi haunaw wa iżā, Wallażīna yabītụna lirabbihim sujjadaw wa qiyāmā

Artinya: Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan. Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka. (QS. Al Furqan: 63-64).

4. Meminta Ditinggikan Derajatnya

Muslim yang beriman tentu ingin ditempatkan di tempat yang terbaik di surga-Nya Allah Subhanahu Wata'ala. Maka dari itu, hendaknya seorang Muslim yang melaksanakan sholat tahajud untuk meminta ditinggikan derajatnya. 

Allah telah menjanjikan akan meninggikan derajat umat Muslim yang senantiasa melaksanakan sholat tahajud di tiap sepertiga malam. 

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا


Artinya: Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkatmu ke tempat yang terpuji. (QS. Al Isra: 79).

Demikian ulasan mengenai hal yang diminta setelah sholat tahajud. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik