5 Hal Penting tentang West Nile, Virus Mematikan yang Jadi Ancaman Serius Israel

5 Hal Penting tentang West Nile, Virus Mematikan yang Jadi Ancaman Serius Israel

Gaya Hidup | inews | Senin, 26 Agustus 2024 - 14:48
share

JAKARTA, iNews.id - 5 hal penting tentang West Nile akan dibahas selengkapnya di artikel ini. Salah satu faktanya adalah virus ini jadi ancaman serius Israel. 

Kabar terbaru mengenai West Nile adalah virus ini menyebar luas di benua Amerika. Bahkan, Ahli Kesehatan terkemuka Amerika Serikat Anthony Fauci baru-baru ini dirawat di rumah sakit akibat terpapar virus West Nile. 

Dokter Fauci menyebut, dia kemungkinan tertular virus West Nile dari gigitan nyamuk di halaman belakang rumahnya. Dari kabar ini, Amerika Serikat memberi peringatan khusus untuk West Nile bagi masyarakatnya. 

Nah, sebagai bentuk kewaspadaan, ada baiknya kita mengetahui tentang virus West Nile ini supaya bisa melakukan pencegahan secara maksimal. Berikut 5 hal penting tentang West Nile, virus mematikan yang menjadi ancaman serius Israel: 

1. Virus West Nile menyebar lewat gigitan nyamuk

Sama dengan demam berdarah (DBD), virus West Nile menginfeksi manusia lewat gigitan nyamuk. Pada sebagian besar kasus, infeksi virus West Nile tidak menimbulkan gejala signifikan. Namun, pada kondisi tertentu, virus bisa berakibat fatal. 

Penyakit ini disebabkan oleh virus West Nile (WNV). Menurut beberapa literatur ilmiah, cirus ini memiliki hubungan filogenetik yang sangat erat dengan arbovirus lainnya seperti Dengue (demam berdarah), Demam Kuning, Japanese Enchepalitis, dan Virus Zika. 

2. Menyebar luas di Israel 

Virus West Nile sempat mewabah di Israel beberapa tahun terakhir. Serangan virus mematikan ini bahkan memberi dampak serius, karena 100 warga Israel terkonfirmasi positif virus West Nile dengan delapan pasien kritis dan memerlukan perawatan intens di rumah sakit. 

3. Gejala virus West Nile 

Orang yang terinfeksi virus West Nile menunjukkan gejala khas, walau pada kebanyakan kasus pasien tidak mengeluhkan gejala berarti. 

Gejala khas dari penyakit West Nile adalah penderita akan mengalami demam disertai sakit kepala, pegal-pegal, nyeri otot, mual dan muntah, diare, hingga ruam.

Menjadi perhatian bersama, sebagian  besar orang yang terinfeksi West Nile (70-80) tidak memperlihatkan gejala. Lalu, kurang dari 1 persen orang yang terinfeksi WNV dapat memperlihatkan gejala neurologis seperti ensefalitis atau meningitis. 

Kemudian, 10 persen kasus terinfeksi WNV  disertai gejala neurologi dapat menyebabkan kematian.

4. Virus West Nile tidak menular antar manusia

Seperti dijelaskan sebelumnya, virus West Nile menular lewat gigitan nyamuk. Artinya, virus ini tidak bisa menular antar manusia. 

Virus West Nile juga tidak menular melalui sentuhan hewan yang terinfeksi, baik yang masih hidup atau sudah mati, atau konsumsi daging hewan yang terinfeksi virus.

5. Kasus West Nile pertama diidentifikasi di Uganda 

Kasus West Nile pertama kali teridentifikasi di Uganda. Lalu, virus menyebar ke Israel, Amerika, Tunisia, Mesir, Amerika latin, Australia, Eropa, hingga Asia Barat. Hingga saat ini kasus West Nile belum pernah dilaporkan di Indonesia. 

Jadi, itu dia 5 hal penting tentang virus mematikan West Nile yang menjadi ancaman serius warga Israel. Menerapkan hidup bersih dan sehat menjadi salah satu cara pencegahan yang bisa dilakukan.

Topik Menarik