Doa Setelah Mandi Wajib yang Wajib Diketahui Umat Muslim

Doa Setelah Mandi Wajib yang Wajib Diketahui Umat Muslim

Gaya Hidup | inews | Jum'at, 23 Agustus 2024 - 23:00
share

JAKARTA, iNews.id - Doa setelah mandi wajib merupakan salah satu bacaan doa yang wajib diketahui setiap Muslim. Dalam agama Islam, menjaga kebersihan dan kesucian tubuh jadi salah satu hal yang penting karena dapat mempengaruhi sah atau tidaknya ibadah sholat.

Mandi wajib adalah proses pembersihan diri dari hadats besar dengan cara membasuh air ke seluruh permukaan tubuh atau badan. Adapun hadats besar ini disebabkan oleh berbagai hal, seperti keluarnya air mani, hubungan suami istri, haid, dan nifas setelah melahirkan.

Ada beberapa firman Allah Subhanahu Wata'ala yang memerintahkan hambaNya untuk melaksanakan mandi wajib. Salah satunya surat Al Maidah ayat 6,

Artinya:

"Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu berdiri hendak melaksanakan salat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku serta usaplah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai kedua mata kaki. Jika kamu dalam keadaan junub, mandilah. Jika kamu sakit dalam perjalanan, kembali dari tempat buang air (kakus), atau menyentuh perempuan, lalu tidak memperoleh air, bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menjadikan bagimu sedikit pun kesulitan, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu agar kamu bersyukur".

Setelah melakukan mandi wajib, seorang Muslim tersebut disunnahkan untuk membaca doa.

Doa Setelah Mandi Wajib

Melansir buku Praktik Mandi Janabah Rasulullah Menurut Empat Madzhab, karya Ansory, Jumat (23/8/2024), berikut iNews.id akan berikan doa setelah mandi wajib.

Arab latin: Asyhadu an laa ilaha illallahu wahdahu laa syarika lahu, wa asyhadu anna Muhammadan abduhu wa Rasuluhu, allahumma-jalni minattawwabina, waj-alni minal-mutathahirrina

Artinya: "Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Esa, tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku pula termasuk orang-orang yang selalu mensucikan diri,"

Itulah ulasan mengenai doa setelah mandi wajib. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik