Berusia 116 Tahun, Tomiko Itooka Selangkah Lagi Menyandang Gelar Orang Tertua di Dunia

Berusia 116 Tahun, Tomiko Itooka Selangkah Lagi Menyandang Gelar Orang Tertua di Dunia

Gaya Hidup | medan.inews.id | Kamis, 22 Agustus 2024 - 07:20
share

TOKYO, iNewsMedan.id - Wanita Jepang berusia 116 tahun, Tomiko Itooka, berpeluang menjadi pemegang gelar orang tertua di dunia versi Guinness World Records. Dia bisa menggantikan Maria Branyas dari Spanyol yang meninggal dunia di usia 117 tahun pada Senin lalu.

Kelompok Penelitian Gerontologi di Los Angeles, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa Tomiko lahir pada 23 Mei 1908. Dengan demikian, usianya saat ini adalah 116 tahun dan 3 bulan. Tomiko kini tinggal di Kota Ashiya, Prefektur Hyogo.

Tomiko dilahirkan di Osaka sebagai anak kedua dari tiga bersaudara. Tomiko menikah sekitar usia 20 tahun dan dikaruniai dua putri dan dua putra.

Selama Perang Dunia II, ia menggantikan sang suami mengoperasikan pabrik tekstil di Korea Selatan. Selain itu, dia juga menjalankan bisnisnya sendiri di Jepang sambil merawat anak-anaknya.

Setelah suaminya meninggal pada tahun 1979, Tomiko tinggal sendirian di kampung halaman suaminya di Prefektur Nara selama sekitar 10 tahun.

Adapun gelar orang tertua sebelumnya dipegang oleh Branyas yang menetap di Catalonia. Perempuan kelahiran 4 Maret 1907 ini sebenarnya lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat. Namun, ketika berusia 7 tahun, keluarganya pindah ke Spanyol. Diketahui bahwa keluarga besarnya memang berasal dari Spanyol.

Branyas menjadi orang tertua di dunia sejak 17 Januari 2023, setelah menggantikan Lucile Randon dari Prancis yang meninggal pada usia 118 tahun.

Topik Menarik