Ratusan Mahasiswa dan Pelajar Ikuti Seminar Umum DPC 234 SC Kota Tegal

Ratusan Mahasiswa dan Pelajar Ikuti Seminar Umum DPC 234 SC Kota Tegal

Gaya Hidup | tegal.inews.id | Rabu, 21 Agustus 2024 - 01:00
share

KOTA TEGAL , iNews . id - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) SC 234 Kota Tegal menggelar seminar umum Chance For Chance dengan tema Wujudkan Generasi Emas Berwawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air Indonesia.

Seminar dilaksanakan di Kampus II Universitas Pancasakti Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Tegal, Selasa (20/8/2024) diikuti 250 peserta dari unsur mahasiswa mahasiswi, siswa siswi SMA/SMK di Kota Tegal.

Seminar umum gratis dipandu oleh Moderator Selviany SE MH dengan menghadirkan tiga narasumber. Nara sumber pertama Ketua Tim P2M, Badan Narkotika Nasional (BNN) Tegal, Satriana, S.Psi yang membahas jenis narkoba, persoalan narkoba, dan tindak pidana narkotika. "Untuk pencandu narkoba bisa melakukan rehabilitasi di BNN Tegal tanpa biaya alias gratis," ucap Satria.

Pemateri kedua, Dosen Hukum Pidana UPS, Dr Fajar Ari Sudewo SH MH membahas terkait kekerasan seksual, penyalahgunaan medsos, perkelahian antar pelajar dan tawuran, hukum pidana bagi pelaku tindak pidana.

Pemateri ke tiga Kaurbinopsnal Sat Narkoba Polres Tegal Kota, IPDA Maryono SH membahas tentang faktor penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja, upaya penanggulangan narkoba, kegiatan pencegahan, dan sangsi hukum bagi pelaku pelanggaran.

Ketua panitia Mustika Nurul Ainy BIBM menyampaikan, seminar umum bertema 'Mewujudkan Generasi Emas Berwawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air Indonesia' membahas tentang Narkoba, Bullying, dan Kenakalan Remaja.

"Latar belakang pemilihan tema tersebut terkait dengan perhatian kita tentang pergaulan remaja. Banyak remaja saat ini terpengaruh oleh hal-hal yang cenderung negatif baik secara verbal maupun perilaku yang menyimpang bahkan menganggu kehidupan masyarakat sekitarnya," kata Mustika, Selasa (20/8/2024).

Untuk itu terang Mustika, pengetahuan tentang bahaya kenakalan remaja sangatlah dibutuhkan agar adik-adik dapat memberikan pertimbangan dalam pengambilan keputusan untuk kehidupan sehari hari dan bekal dimasa yang akan datang sehingga tidak salah pergaulan.

Lebih lanjut Mustika menjelaskan, pemateri seminar umum memberikan interaksi ramah dan menarik kepada peserta. Baik memberikan pemahaman secara teori maupun berdasarkan kejadian-kejadian nyata. "Seminar ini menjadi pilot project bagi Ormas lain untuk peduli terhadap masyarakat khususnya pada kasus yang sedang ramai belakangan ini dikalangan remaja" terang Mustika.

Mustika berharap seminar ini memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan serta manfaat bagi peserta seminar yang hadir.

Ketua DPC SC 234 Kota Tegal Abdul Kadir SH MH yang akrab disapa Bung Ading menyampaikan, visi dan misi 234 SC sendiri adalah mempersatukan pemuda pemudi untuk menjadikan bagian dari sebuah keluarga besar dan memiliki solidaritas yang tinggi.

"Inti dari kegiatan 234 SC adalah untuk melakukan hal-hal yang positif dalam berbagai bidang seperti sosial, budaya, olah raga, maupun kepemudaan. Menjaga silahturahmi dan mempererat persatuan dan kesatuan, tutupnya.

Topik Menarik