RS Darmo Surabaya Buka Female Health Clinic, Urusan Kesehatan Wanita Kelar di Satu Tempat

RS Darmo Surabaya Buka Female Health Clinic, Urusan Kesehatan Wanita Kelar di Satu Tempat

Gaya Hidup | surabaya.inews.id | Kamis, 15 Agustus 2024 - 18:00
share

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - RS Darmo Surabaya membuka Female Health Clinic (FHC). Salah satu layanan unggulan ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan wanita. Klinik yang berada di sisi selatan gedung Cagar Budaya ini menandai 103 tahun perjalanan RS Darmo dalam melayani masyarakat.

Direktur RS Darmo, Dr Sulung Budianto SpOG, mengatakan sejak berdiri pada tahun 1921, RS Darmo telah melalui banyak tantangan termasuk pandemi covid yang baru. FHC, kata dia, adalah implementasi konsep Darmo Re-Born yang dicanangkan oleh Yayasan seiring dengan berakhirnya Covid 19.

"Salah satu proyek peremajaan yang saat ini dimulai adalah menghadirkan salah satu layanan unggulan Female Health Clinic yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan wanita," katanya usai peresmian Female Health Clinic (FHC), Kamis (15/8/2024).

Klinik kesehatan wanita RS Darmo, lanjut dr Sulung Budianto, akan ditangani oleh dokter-dokter yang berkualitas. Mulai dokter Spesialis Kandungan dan Kewanitaan, Spesialis Bedah Onkologi, Spesialis Bedah Plastik, dan termasuk didalamnya adalah team Gynecology Minimally Invasive Treatment Surabaya (GMITS) yang di pimpin oleh dr Relly Yanuari Primariawan, SpOG Subspesialis Fertilitas Endokrinologi Reproduksi.

"Layanan unggulan berikutnya yang akan diwujudkan oleh RS Darmo adalah Aesthetic Cinic dan Therapy Cell di area connecting Female Health Clinic yang akan dikelola oleh team medis profesional RS Darmo," ungkapnya.

Pada FHC, tersedia layanan mulai dari layanan dan konsultasi masalah ginekologi seperti masalah menstruasi sejak remaja sampai lansia, gangguan hormonal, kasus endometriosis, mioma, serta masalah yang berhubungan dengan menopause,

Kemudian layanan premarital seperti konseling sebelum menikah, medical check up premarital & vaksinasi premarital. Selanjutnya layanan maternitas seperti pemeriksaan kandungan rutin, prenatal class dan senam hamil, catering gizi ibu hamil, edukasi persiapan melahirkan dan masalah kebidanan, persalinan secara normal maupun persalinan sectio caesarea dengan metode ERACS.

Ada juga layanan pasca melahirkan seperti perawatan payudara, pijat laktasi ataupun baby massage, konseling terkait post partum, mastitis, dan keluarga berencana (KB). Layanan ginekologi onkologi, dimulai dengan pre-cancer screening sampai dengan tata laksana sesuai kasus. Layanan kasus bedah onkologi mulai dari konsultasi sampai dengan tata laksana terkait masalah tumor, serta layanan kasus bedah plastik rekonstruksi.

dr Sulung menambahkan, selama grand opening pihaknya menyediakan berbagai paket layanan. Di antaranya screening untuk para pasangan calon mempelai (Premarital Medical Check Up). Kemudian premarital vaccination package, meliputi zaksinasi HPV, vaksinasi Mumps, measles dan rubella (MMR), dan paket pemeriksaan laboratorium hormon wanita.

Selain itu juga menyediakan pemeriksaan HSG, prenatal class, paket catering gizi ibu hamil dan ibu menyusui, paket persalinan normal dan paket section caesarea metode ERACS, breast care, baby massage, paket medical check up gynecology, pap smear dan lain sebagainya .

Sebagai bagian dari rangkaian acara pembukaan FHC, RS Darmo juga akan mengadakan bakti sosial pada 18 Agustus 2024 dengan kuota terbatas tanpa biaya, meliputi pemeriksaan pap-smear, pemeriksaan USG kehamilan, konsultasi masalah kebidanan, dan konsultasi masalah gizi dengan menghadirkan ahli gizi.

Dokter Sulung berharap, dengan adanya Female Health Clinic (FHC) ini RS Darmo dapat lebih terdepan dalam melayani masyarakat Indonesia khususnya Surabaya Jawa Timur dalam bidang kesehatan.

Perlu diketahui, RS Darmo berdiri pada 1897 silam. Pada era pemerintahan Hindia Belanda, di Surabaya sekelompok orang Belanda yang berjiwa sosial, ingin membantu meningkatkan pelayanan kesehatan penduduk Jawa Timur, khususnya Surabaya.

Bantuan tersebut diwujudkan dalam kegiatan. Diantaranya mendirikan tempat pelayanan kesehatan yang dikelola oleh dokter, perawat dan tenaga lain yang dibutuhkan. Kemudian menyediakan fasilitas dan sarana yang diperlukan dan memberikan pelayanan kepada orang sakit, tanpa membedakan tingkat sosial, agama, ras dan suku bangsa

Untuk merealisasikan hal tersebut, mereka mendirikan perkumpulan bernama Soerabajasche Zieken Verpleging (SZV) pada tanggal 9 Juni 1897 yang dipimpin oleh seorang dokter Belanda yaitu HJ OFFERHAUS.

Saat ini, Rumah Sakit Darmo ini menyediakan pelayanan pengobatan yang berfokus pada gangguan yang terjadi pada saluran pencernaan. Layanan ini didukung oleh para dokter spesialis dalam bedah digestif yang akan mendiagnosis dan menangani berbagai permasalahan pada sistem pencernaan pasien.


Topik Menarik