Akuatik Solusi Alternatif Olah Raga yang Aman dan Menyenangkan untuk Lansia

Akuatik Solusi Alternatif Olah Raga yang Aman dan Menyenangkan untuk Lansia

Gaya Hidup | muria.inews.id | Kamis, 15 Agustus 2024 - 17:40
share

JAKARTA , iNewsMuria - Komunitas Wulan (Warga Usia Lanjut) Indonesia, sebuah komunitas warga usia lanjut yang merupakan pensiunan TNI-Polri di Indonesia baru saja menggelar perayaan ulang tahun ke-9. Perayaan berlangsung meriah di Hotel Puri Mega, Jalan Rawamangun No. 59 A, Jakarta Timur. Acara ini dihadiri oleh 100 peserta yang antusias merayakan momen penting ini.

Acara ini berkolaborasi dengan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, yang diwakili oleh Andy Sirada. Dalam kesempatan tersebut, Andy memberikan penyuluhan terkait pengenalan akuatik terapi sebagai alternatif latihan yang aman dan menyenangkan bagi lansia.

Andy menekankan pentingnya lansia untuk tetap aktif. Namun, ia juga mengakui bahwa lansia sering kali menghadapi hambatan dari lingkungan olahraga yang tidak mendukung dan berisiko bagi mereka.

"Karena itu, saya merekomendasikan akuatik terapi atau latihan di air sebagai solusi yang aman dan efektif," kata Andy, dalam keterangannya, Kamis (15/8/2024).

Latihan di air menurut Andy memberi banyak manfaat bagi lansia. Air memiliki sifat alami yang mendukung tubuh dan mengurangi beban pada sendi dan tulang, yang sangat penting bagi lansia yang sering mengalami masalah pada sendi dan mobilitas. Selain itu, latihan di air membantu meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan kekuatan otot tanpa risiko cedera yang tinggi.

"Aktivitas fisik di air juga memiliki efek positif terhadap kesehatan mental lansia. Sensasi menyegarkan dari air dan gerakan yang dilakukan dalam lingkungan yang menyenangkan dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. Latihan di air juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, membantu menjaga tekanan darah, dan mendukung kesehatan jantung," paparnya.

Lebih lanjut Andy menyampaikan, latihan di air saat ini mulai menjadi tren di kalangan lansia di berbagai negara, termasuk Indonesia. Banyak pusat kebugaran dan fasilitas kesehatan kini menawarkan kelas akuatik terapi yang dirancang khusus untuk lansia. Tren ini berkembang karena semakin banyak orang yang menyadari manfaat besar dari olahraga air yang tidak hanya aman tetapi juga efektif dalam meningkatkan kualitas hidup di usia lanjut.

Dengan semakin populernya latihan di air, diharapkan para lansia, termasuk komunitas pensiunan TNI-Polri, dapat terus aktif dan menjaga kesehatan mereka dengan cara yang menyenangkan dan minim risiko. Acara ini menjadi contoh nyata bagaimana komunitas dapat berperan dalam meningkatkan kesejahteraan anggotanya melalui edukasi dan penyediaan alternatif latihan yang inovatif dan relevan.

Topik Menarik