Makan Mi Instan Sehari 2 Kali, Remaja Ini Divonis Gagal Ginjal Kronis Stadium 5

Makan Mi Instan Sehari 2 Kali, Remaja Ini Divonis Gagal Ginjal Kronis Stadium 5

Gaya Hidup | inews | Jum'at, 9 Agustus 2024 - 15:21
share

JAKARTA, iNews.id - Seorang remaja berusia 13 tahun divonis gagal ginjal kronis stadium 5 gegara sering makan mi instan. Sehari bisa dua bungkus mi instan yang dikonsumsi.

Remaja berinisial MC asal Desa Duren, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, itu divonis gagal ginjal kronis sejak dua tahun lalu. Kini, dia harus cuci darah dua kali seminggu.

"Frekuensi makan mi instan sering. Sehari bisa dua kali, bahkan bisa gak makan nasi," kata Melly, ibu MC, dikutip dari tayangan Lintas iNews di iNews TV, Jumat (9/8/2024).

Gejala awal gagal ginjal kronis yang dialami MC adalah sesak napas dan itu sampai membuat MC dibawa ke rumah sakit. Setelah melewati serangkaian pemeriksaan medis, MC didiagnosa gagal ginjal kronis stadium 5.

"Karena fasilitas di rumah sakit Madiun kurang memadai, MC dirujuk ke RSUD dr Soetomo di Surabaya, Jawa Timur," ungkap Melly.

Gagal ginjal kronis stadium 5 pada anak
Gagal ginjal kronis stadium 5 pada anak

Mengenal Gagal Ginjal Kronis Stadium 5

Gagal ginjal kronis stadium 5 adalah 'stage' terakhir dari penyakit ginjal kronis. Tahapan ini menandai ginjal penderita tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik, yaitu menyaring dan membuang 'sampah' serta cairan yang berlebihan dari dalam tubuh.

Di dunia medis, gagal ginjal kronis stadium 5 disebut juga dengan istilah 'end stage renal disease' atau ESRD. Secara umum, di stadium ini fungsi ginjal sudah tidak lagi mencapai 10 persen dari fungsi normalnya. Sedihnya, itu artinya ginjal nyaris tak berfungsi sama sekali.

Apa penyebab seseorang bisa divonis gagal ginjal kronis stadium 5?

Penderita gagal ginjal kronis stadium 5 biasanya mengalami beberapa kondisi perburukan kesehatan sebelumnya. Itu bisa dipengaruhi dari masalah hipertensi, diabetes tipe 1 atau 2, penyakit autoimun seperti lupus, atau penyakit ginjal lainnya seperti penyakit ginjal polikistik, batu ginjal, atau infeksi ginjal berulang.

Secara umum, penderita gagal ginjal kronis stadium 5 itu menunjukkan gejala, seperti:

1. Jarang buang air kecil, sekalinya pipis jumlah urine sedikit

2. Mual dan muntah

3. Mudah lelah

gejala gagal ginjal
gejala gagal ginjal

4. Tidak nafsu makan

5. Kulit sangat kering dan gatal-gatal

6. Kram otot

7. Sulit konsentrasi

8. Warna kulit menjadi lebih gelap atau justru lebih terang

9. Disfungsi ereksi

Jika tidak ditangani dengan tepat, penderita gagal ginjal kronis stadium 5 bisa mengalami sesak napas, nyeri dada, dan pembengkakan pada kaki, tangan, atau wajah. Itu bisa terjadi karena cairan di dalam darah sudah semakin menumpuk.

Topik Menarik