5 Mitos dan Fakta Pertolongan Pertama, Benarkah Orang yang Serangan Jantung Harus Dibaringkan?

5 Mitos dan Fakta Pertolongan Pertama, Benarkah Orang yang Serangan Jantung Harus Dibaringkan?

Gaya Hidup | sindonews | Senin, 5 Agustus 2024 - 06:00
share

JAKARTA - Ada banyak situasi potensial, di mana Anda mungkin harus memberikan pertolongan pertama kepada orang lain. Sementara, kita butuh pengetahuan dasar tentang apa yang harus dilakukan dalam situasi darurat.

Sayangnya, ada banyak mitos tentang pertolongan pertama bagi mereka yang sakit atau terluka. Paling banter, mitos-mitos ini bisa menyakitkan, tetapi di sisi lain, beberapa mungkin menjadi pembeda antara menyelamatkan dan kehilangan nyawa. Jadi, Anda perlu mengetahuinya.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Penyempitan Pembuluh Darah, Salah Satunya Kurangi Stres

1. Automated External Defibrillators (AED) Mitos: AED rumit untuk digunakan.AED adalah perangkat elektronik kecil dan portabel yang mungkin terlihat rumit, tetapi sebenarnya mudah digunakan.

AED dapat mendiagnosis kondisi jantung yang mengancam jiwa dan mengobatinya dengan sengatan listrik dengan defibrilasi, yang membantu mengembalikan irama jantung.

Jika orang yang dirawat tidak memerlukan sengatan listrik, defibrilator tidak akan melakukannya. Dengan kata lain, tidak mungkin untuk melukai seseorang jika mereka tidak membutuhkannya. Namun, jika mereka membutuhkannya, Anda meningkatkan peluang mereka untuk bertahan hidup secara signifikan.

2. Pingsan Mitos: Jika seseorang merasa ingin pingsan, mereka harus meletakkan kepala mereka di antara lutut.

Ada risiko orang yang merasa pingsan bisa jatuh dan melukai diri mereka sendiri dalam prosesnya.

Seseorang yang akan pingsan biasanya akan merasa mual, pusing, pucat dan berkeringat. Sebaiknya mereka berbaring sepenuhnya.

3. Serangan jantung Mitos: Jika seseorang mengalami serangan jantung, Anda harus membaringkannya.

Tidak perlu menyuruh orang tersebut berbaring, jika mereka mengalami serangan jantung, mereka harus mencari posisi yang nyaman: baik duduk atau berbaring.

Bersandar pada benda yang kokoh (misalnya dinding atau kursi) akan mengurangi kemungkinan mereka akan melukai diri sendiri jika pingsan. Hubungi layanan medis darurat dan jika mereka tidak alergi terhadap aspirin, minta mereka minum 160-325 mg.

Aspirin apa pun yang mereka minum harus dikunyah dan ditelan sampai tuntas. Obat dada seperti nitrogliserin juga dapat diberikan. Buat orang tersebut tenang untuk mencoba mengurangi kecemasan mereka.

4. Mimisan Mitos: Mencondongkan tubuh ke belakang menghentikan mimisanSebenarnya, hal itu hanya membuat darah mengalir ke tenggorokan alih-alih keluar dari hidung, yang dapat menyebabkan masalah.

Jika seseorang mengalami mimisan, mereka harus duduk dengan kepala sedikit ke depan. Hidung harus dijepit di bawah tulang hidung (kecuali jika mereka mengalami cedera kepala parah), dan jaringan tidak boleh ditempatkan di dalam rongga hidung.

Baca Juga: 8 Ciri-ciri Tubuh Kekurangan Vitamin B12 dan Penyebabnya

5. Keseleo Mitos: Anda harus menggunakan panas untuk mempercepat penyembuhan.Panas menyebabkan pembuluh darah membesar, membawa lebih banyak darah ke area yang keseleo, yaitu lebih banyak pembengkakan dan peradangan.

Sebaliknya, dingin menyempitkan pembuluh darah. Mengompres bagian yang terkilir dengan kompres dingin selama 20 menit akan membantu memperlambat impuls saraf. Ini akan meredakan sebagian rasa sakit, namun jika cederanya lebih serius, Anda harus menghubungi layanan medis darurat.

Topik Menarik