Fakta-fakta Gedung Putih, Bangunan Bersejarah Amerika yang Memiliki Cerita Unik

Fakta-fakta Gedung Putih, Bangunan Bersejarah Amerika yang Memiliki Cerita Unik

Gaya Hidup | sindonews | Minggu, 4 Agustus 2024 - 06:00
share

JAKARTA - Gedung Putih merupakan rumah Presiden Amerika Serikat, sekaligus tempat mengambil berbagai keputusan penting dan dikenali di seluruh dunia.

Namun, sejauh mana pengetahuan Anda tentang Gedung Putih ini? Siapa yang membangunnya? Siapa pemiliknya? Atau seberapa besar gedung itu?

Gedung Putih dirancang oleh James Hoban, seorang arsitek kelahiran Irlandia yang memulai kariernya di Amerika Serikat di Philadelphia pada 1785.

Pembangunan Gedung Putih dimulai pada Oktober 1792. Akan tetapi, setelah Presiden Adams dan keluarganya menempati gedung tersebut pada 1800, bangunan tersebut belum sepenuhnya selesai.

Gedung Putih yang beralamat 1600 Pennsylvania Ave. NW, Washington, D.C ini ditempati Presiden dan keluarganya, tetapi tidak ada staf yang tinggal di sana.

Awalnya, Gedung Putih tidak memiliki nama resmi. Namun, pada 1901, ketika Teddy Roosevelt memutuskan untuk menggantinya dari Kediaman Eksekutif. Gubernur negara bagian memiliki kediaman eksekutif, dan Roosevelt ingin memastikan bahwa kediaman POTUS memiliki gelar yang lebih terhormat.

1. Mengapa berwarna putih? Ketika bangunan ini pertama kali didirikan, bangunan ini dilapisi dengan cat putih berbahan dasar kapur, sebagai cara untuk melindungi batu berpori dari pembekuan. Cat putih ini dimaksudkan untuk lapuk dan hilang, tetapi tidak pernah dibiarkan lapuk. Sebaliknya, cat tersebut diperbarui secara berkala hingga akhirnya bangunan ini dicat dengan cat timbal putih pada 1818.

2. Siapa presiden pertama yang tinggal di Gedung Putih? Meski George Washington bertanggung jawab untuk menugaskan pembangunan, memilih lokasi dan menyetujui desainnya, ia tidak pernah benar-benar tinggal di Gedung Putih. Kehormatan itu diberikan kepada presiden nomor dua, John Adams.

3. Dibangun para budak Michelle Obama secara terbuka mengungkapkan perasaannya tentang bangun setiap hari di rumah yang dibangun oleh para budak, fakta Gedung Putih ini telah menjadi pengetahuan umum. Catatan sejarah menunjukkan bahwa para budak Afrika-Amerika dilatih di tempat untuk mengisi kapasitas tertentu, seperti pekerja tambang, pembuat batu bata dan tukang kayu.

4. Ruangan Gedung Putih Harry S. Truman menugaskan arena bowling pertama Gedung Putih dan Franklin D. Roosevelt mengubah ruang ganti menjadi gedung bioskop dengan 42 kursi. Hillary Clinton pernah mengubah satu ruang duduk menjadi ruang musik sehingga Bill Clinton dapat memainkan saksofonnya.

Gedung Putih juga memiliki kolam renang eksterior dan interior yang tersembunyi di bawah lantai. Kolam renang dalam ruangan, dibuka pada 1933 untuk FDR, berada di bawah Ruang Briefing Pers James S. Brady.

Di Gedung Putih, ada banyak kucing dan anjing, juga sejumlah hewan peliharaan yang tidak biasa. Ketika keluarga Coolidge dikirimi seekor rakun untuk dimasak untuk makan malam Thanksgiving, mereka memilih untuk memeliharanya sebagai hewan peliharaan dan menamainya Rebecca. Presiden Benjamin Harrison memelihara dua opossum yang diberi nama Mr. Protection dan Mr. Reciprocity.

Uniknya, Gedung Putih pernah tidak memiliki listrik selama hampir satu abad. Pencahayaan Gedung Putih sepenuhnya diterangi oleh lampu gas hingga 1891, saat listrik pertama kali dipasang.

Selain itu, tidak ada pipa ledeng dalam ruangan selama beberapa dekade. Baru pada 1833, pipa ledeng dalam ruangan dipasang dan butuh 20 tahun sebelum semua kamar mandi memiliki air panas!

Bagaimana dapurnya? Kediaman eksekutif telah menyelenggarakan banyak pesta, termasuk banyak jamuan makan, yang membuat dapur tetap sibuk. Dapur ini dikelola oleh beberapa koki terhebat di Amerika, yang menyesuaikan menu mereka dengan selera presiden.

5. Gedung Putih terbakar? Selama invasi pada 24 Agustus 1814, Inggris membakar Gedung Putih. Ini hanya 14 tahun setelah konstruksi asli selesai.

Arsitek James Hoban kemudian bertanggung jawab untuk membangun kembali Gedung Putih. Bangunan baru itu selesai pada 1817, ketika James Monroe menjadi presiden.

6. Siapa pemilik Gedung Putih? National Park Service adalah pemilik Gedung Putih. Itu adalah badan pemerintah federal yang mengelola semua taman nasional dan sebagian besar monumen nasional.

7. Pintu rahasia Gedung Putih memiliki pintu rahasia. Ini digunakan oleh presiden dan pengunjung rahasia, di mana pintu masuk ini menghadap ke H Street di Washington, D.C.

Pintu masuk ini melewati dua terowongan dan sebuah gang sebelum tiba di ruang bawah tanah Gedung Putih. Pintu masuk ini dirancang sebagai tempat perlindungan bom bawah tanah selama Perang Dunia II.

Topik Menarik