Kisah Inspiratif Dokter Winda, Perjuangkan Kesehatan Melalui Pendekatan Functional Medicine

Kisah Inspiratif Dokter Winda, Perjuangkan Kesehatan Melalui Pendekatan Functional Medicine

Gaya Hidup | medan.inews.id | Jum'at, 2 Agustus 2024 - 22:20
share

MEDAN, iNewsMedan.id - Dr. Winda Erika A., M.Biomed (AAM), FINEM, adalah seorang dokter ahli anti-aging yang mengusung pendekatan functional medicine atau kedokteran fungsional dalam praktiknya.

Perjalanan kariernya dimulai dari pengalaman pribadi yang mengajarkan pentingnya memiliki energi yang cukup untuk mengurus diri sendiri, keluarga, dan pasien.

Ia memiliki keinginan kuat untuk fokus pada pencegahan dan kesehatan secara holistik. Tujuan utamanya adalah tetap sehat hingga usia tua agar tidak menjadi beban bagi keluarga.

Komitmennya terhadap kesehatan tak hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk keluarga dan masyarakat luas.

"Saya percaya bahwa tindakan preventif adalah kunci untuk mencapai kesehatan yang optimal," ujar Winda.

Lebih lanjut, sebut Winda, functional medicine berfokus pada identifikasi dan penanganan, bukan hanya gejala, namun akar permasalahan suatu penyakit dengan metode dan tatalaksana yang sesuai science dan evidence-based.

Hal itu, tambah Winda, bertujuan mengembalikan fungsi kesehatan tubuh pasien melalui tatalaksana yang personalised dan alami dengan memahami genetik, biokimia, lingkungan, dan gaya hidup dari pasien.

"Dengan mengadopsi pendekatan yang mengintegrasikan perawatan dari luar dan dalam tubuh, saya menekankan pentingnya nutrisi yang tepat dan perawatan holistik sebagai fondasi untuk meningkatkan kesehatan," ujar Winda.

Winda juga mengungkapkan bahwa banyak pasien yang datang ke tempat praktiknya tidak menyadari keluhan seperti jerawat, flek, dan rambut rontok sering kali merupakan gejala dari masalah kesehatan yang lebih mendalam seperti PCOS, kekurangan vitamin D, leaky gut, gangguan tiroid, atau estrogen dominance.

"Dengan pendekatan functional medicine, saya berusaha mencari akar penyebab masalah tersebut dan memberikan solusi yang tuntas," jelas Winda.

Winda mengungkapkan bahwa functional medicine menjadi dasar pola pikirnya dalam menangani kasus-kasus anti-aging. Ia memadukan perawatan kulit yang baik, konsumsi vitamin yang menutrisi sel, serta gaya hidup sehat untuk mencapai peremajaan tubuh secara menyeluruh.

"Pendekatannya yang personal dan holistik bertujuan meningkatkan kesejahteraan pasien, memastikan kesehatan dan vitalitas yang optimal," ungkap Winda.

Dengan dedikasi dan keahliannya, Winda mengaku akan terus berusaha memberikan perawatan terbaik bagi setiap pasiennya.

"Saya akan membantu mereka menjalani kehidupan yang lebih sehat dan memuaskan," terang Winda.

Topik Menarik