Mau Wisata Kuliner Seafood di Cilacap yang Murah dan Lezat? Berikut Informasinya

Mau Wisata Kuliner Seafood di Cilacap yang Murah dan Lezat? Berikut Informasinya

Gaya Hidup | purwokerto.inews.id | Jum'at, 5 Juli 2024 - 12:00
share

CILACAP, iNewsPurwokerto.id-Mau kuliner seafood di Cilacap? Tempatnya tidak lain adalah Pantai Jetis. Tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah, Pantai Jetis juga dikenal dengan seafood-nya yang lezat dan terjangkau.

Letak geografis Cilacap yang menghadap langsung ke laut selatan memberikan keuntungan tersendiri bagi para penggemar seafood. Namun, banyak wisatawan yang ragu menikmati hidangan laut di tempat wisata karena khawatir akan harga yang tinggi. Jangan khawatir, di Pantai Jetis, Anda bisa menikmati seafood tanpa harus menguras kantong.

Pantai Jetis terletak di Kecamatan Nusawungu, bagian paling ujung timur dari Kabupaten Cilacap, sekitar 49 km dari pusat kota Cilacap. Letaknya yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kebumen sering membuat orang keliru mengira Pantai Jetis berada di Kebumen. Berikut informasi mengenai kuliner laut di Pantai Jetis. 

1. Warung Seafood di Pantai Jetis

Di Pantai Jetis, terdapat berbagai warung seafood yang siap memanjakan lidah Anda. Beberapa warung yang direkomendasikan antara lain:

Warung Seafood Bu Wiwik
Telepon: 0852-2674-1755

Warung Seafood Bu Wiwik 2
Telepon: 0857-1296-7394

Warung Seafood Bu Ani
Telepon: 0819-0347-7077

Warung Seafood Bu Itu
Telepon: 0853-2694-3626

Warung Seafood Bu Suti
Telepon: 0852-2755-8029

Warung Seafood Ibu Tiyah Mantos
Telepon: 0813-1737-7282

Warung Seafood Bu Asminah
Telepon: 082136979591

Untuk menghindari antrean, Anda bisa menghubungi warung-warung tersebut terlebih dahulu untuk memesan makanan dan tempat. Jadi, ketika sampai di lokasi, Anda tidak perlu menunggu lama.

 

2. Pasar Ikan Pantai Jetis

Selain menikmati seafood di warung, Anda juga bisa membeli ikan segar di pasar ikan atau TPI Mina Usaha yang terletak di Pantai Jetis. Pasar ini buka setiap hari dari pagi hingga sore dan selalu ramai pengunjung. Disarankan datang pagi hari ketika nelayan baru kembali dari melaut agar mendapatkan ikan yang masih segar.

Pasar ikan Pantai Jetis menyediakan berbagai hasil laut seperti cumi-cumi, kepiting, kerang, dan berbagai jenis ikan, baik yang segar maupun yang sudah diolah seperti ikan asin. Setelah membeli ikan sesuai keinginan, Anda bisa menuju warung di sekitar pasar untuk dimasak sesuai selera, seperti saos asam manis, saos tiram, dibakar, atau digoreng tepung.


Kuliner dengan pemandangan pantai. (Foto: Istimewa)

3. Kulineran dengan Pemandangan Pantai

Menikmati seafood sambil memandang keindahan Pantai Jetis menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Anda bisa menyantap hidangan laut dengan nasi putih hangat dan es kelapa muda sambil menikmati pemandangan Pantai Ayah, yang bersebelahan dengan Pantai Jetis dan hanya dipisahkan oleh sebuah sungai.

4. Harga Terjangkau

Harga seafood di Pantai Jetis tergolong murah. Untuk makan 10 orang dengan nasi, sayur, dan es kelapa muda, biaya yang dikeluarkan tidak mencapai Rp500 ribu. Ini jauh lebih murah dibandingkan dengan tempat wisata lain di luar Cilacap. Harga ikan dan hasil laut lainnya bisa bervariasi tergantung musim penangkapan, namun tetap lebih murah daripada pasar ikan lainnya.

5. Oleh-oleh Khas

Jika ingin membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah, ada berbagai pilihan seperti kerupuk tengiri, abon tuna, dan keripik yutuk. Yutuk adalah jenis undur-undur laut yang banyak ditemukan di sekitar pantai Cilacap dan menjadi oleh-oleh khas yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Pantai Jetis di Cilacap adalah destinasi yang sempurna bagi pecinta seafood. Dengan harga terjangkau dan rasa yang lezat, tidak ada alasan untuk melewatkan tempat ini saat berkunjung ke Cilacap.

Topik Menarik