KISAH SUKSES : Wang Chuanfu, Pendiri BYD Raksasa Otomotif dari China

KISAH SUKSES : Wang Chuanfu, Pendiri BYD Raksasa Otomotif dari China

Gaya Hidup | serpong.inews.id | Rabu, 3 Juli 2024 - 07:00
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Bila di Amerika Serikat (AS) orang mengenal Elon Musk, di China ada sosok yang tak kalah fenomenal bernama Wang Chuanfu. Dia adalah orang di balik kesuksesan perusahaan teknologi China, BYD.

Build Your Dream Company Limited atau lebih akrab dikenal dengan singkatan BYD, adalah perusahaan teknologi dan manufaktur yang didirikan Wang Chuanfu pada 1995. Pria kelahiran Februari 1966 ini merintis usaha bersama sepupunya, Lu Xiangyang di usia 29 tahun. 

Di pusat teknologi Kota Shenzhen, mereka menanam benih impian membangun perusahaaan bernama “Build Your Dreams”. Sejak berdirinya BYD, Wang Chuanfu telah menganut konsep berbasis teknologi berorientasi pada inovasi. 

Fokus awal mereka bukanlah pada mobil (otomotif), namun sesuatu yang lebih kecil dan umum, yaitu baterai ponsel. Perjalanannya tidak mulus. Tantangan bermunculan, keuangan, dan persaingan semakin ketat. Namun, Wang Chuanfu tetap bertahan. 

Sebagai seorang ahli strategi, dia mampu melihat gambaran yang lebih besar dan memahami baterai adalah kunci masa depan, dan mendukung energi ramah lingkungan. BYD pun berkembang pesat menjadi produsen baterai ponsel terbesar di dunia.

Namun Wang Chuanfu tidak berpuas diri. Dia melihat keterbatasan bahan bakar fosil dan dampak lingkungan yang ditimbulkannya. Dia kemudian mengarahkan BYD menuju era mobil listrik

Transisi ini tidak mudah karena produsen mobil lain yang sudah mapan banyak yang mencemoohnya. Namun, Wang Chuanfu tidak terpengaruh. Dia mencurahkan pengetahuan dan sumber dayanya untuk penelitian dan pengembangan. 

Mobil BYD, yang terkenal dengan desainnya yang ramping dan teknologi baterai yang inovatif, mulai menarik perhatian dunia. Bahkan, BYD telah berkembang menjadi perusahaan global yang mencakup empat industri utama, yaitu mobil, angkutan kereta api, energi baru, dan elektronik. 

Wang Chuanfu membawa BYD dari sebuah perusahaan baterai kecil menjadi produsen baterai terbesar di dunia, yang merupakan komponen penting kendaraan listrik (EV) dan elektronik. Di bawah kepemimpinannya, BYD menjadi pemimpin global dalam industri kendaraan listrik dan mampu menyalip penjualan Tesla pada 2022, setelah merebut pangsa pasar secara signifikan. 

Komitmen Wang Chuanfu terhadap energi bersih adalah ciri khas karyanya. Berfokus pada pengembangan teknologi baterai dan kendaraan listrik mutakhir, BYD melahirkan solusi energi terbarukan dalam mendorong masa depan berkelanjutan.

 

Investasi Warren Buffet 

Kesuksesan BYD yang diakui secara global ini juga membuat Berkshire Hathaway, perusahaan milik Warren Buffet, melirik BYD pada 2008 dan melakukan investasi sebesar 232 juta dolar AS. Pada saat itu Warren Buffet melihat BYD memiliki potensi menjadi besar dengan inovasi dan kecanggihan teknologinya. 

Meskipun biasanya Warren Buffet cenderung berinvestasi di perusahaan yang mapan, kemampuannya dapat mengenali bisnis-bisnis undervalued yang memiliki potensi jangka panjang. Terbukti keputusannya  berinvestasi di BYD menjadi keputusan yang jenius. 

Kepercayaan Buffet pada strategi bisnis, kepemimpinan, dan kemajuan teknologi BYD telah memainkan peran penting dalam kesuksesan global. Warren Buffet tidak hanya memberikan dukungan finansial tapi juga berkontribusi pada kredibilitas dan visibilitas BYD di bisnis internasional. 

Ketika pasar kendaraan listrik (EV) mulai merajai industri otomotif dunia pada 2021, BYD berperan besar di dalamnya. Harga saham meroket dan kepemilikan Berkshire di BYD meningkat hingga 7 miliar dolar AS, membuat investasi awal menjadi 30 kali lipat dari nilai aslinya. Ini menunjukkan laba yang luar biasa dari investasi. 

Perjalanan bisnis ini menyoroti sifat dinamis dari investasi dan bagaimana investor paling sukses sekalipun menyesuaikan strategi bisnis mereka berdasarkan kondisi pasar dunia. Hubungan investasi antara BYD dan Berkshire Hathaway berdampak signifikan pada kedua perusahaan. 

Dalam perjalanan bisnisnya, BYD telah berkomitmen terhadap inovasi teknologi, yang menjadikannya pemimpin dalam kendaraan energi baru, dan telah dianugerahi banyak penghargaan. Wang Chuanfu sendiri menjadi salah satu anggota pendiri "Komite Penasihat Pembangunan Berkelanjutan" dari Program Pembangunan PBB. Selain itu, atas respons global BYD terhadap iklim, krisis energi, dan masa depan berkelanjutan, dia dianugerahi penghargaan pencapaian seumur hidup “Zayed Future Energy Prize” pada 2014. 

Dalam beberapa tahun terakhir, Wang Chuanfu dinobatkan Fortune pada 2020 sebagai salah satu dari 25 pemimpin terbesar dan orang paling berpengaruh di masa pandemi Covid-19. Forbes China menempatkannya sebagai CEO Terbaik Tiongkok dalam daftar 50 CEO Teratas tahunan mereka secara konsekutif dari 2022 hingga 2023. 

Sejauh ini, BYD telah mengajukan lebih dari 48.000 paten secara global dan lebih dari 30.000 paten secara internasional. Portfolio paten yang kuat ini memungkinkan BYD melindungi kekayaan hak intelektualnya dan mempertahankan keunggulan kompetitif di pasar kendaraan listrik. 

BYD memelopori solusi energi baru tanpa emisi dan mengoperasikan kendaraan energi baru di lebih dari 400 kota di 70 negara dan wilayah di enam benua. 

Saat ini, BYD adalah raksasa di industri kendaraan listrik, sebuah bukti keyakinan teguh Wang Chuanfu akan masa depan yang lebih ramah lingkungan. Dia adalah seorang pemimpin yang berani bermimpi besar membangun kerajaan bisnis bernilai miliaran dolar AS.

Saat ini, kendaraan penumpang energi baru BYD telah memasuki 77 negara dan wilayah secara global, dengan investasi manufaktur di Brasil, Hongaria, Thailand, dan lokasi lainnya. Pada 2023, BYD mencapai penjualan kumulatif sebanya 3,02 juta kendaraan, mempertahankan posisinya sebagai pemimpin global dalam penjualan kendaraan elektrifikasi. 

Penjualan mobil listrik di luar China lebih dari 240.000 unit, menandai peningkatan sebesar 337 persen dibandingkan tahun lalu. Pada Mei 2024, BYD menjual 331,817 unit kendaraan, sehingga penjualan kumulatif kendaraan energi baru mencapai lebih dari 7,6 juta unit hingga saat ini. 

(*)

Topik Menarik