3 Jenis Olahraga yang Efektif Kurangi Rasa Sedih hingga Panik

3 Jenis Olahraga yang Efektif Kurangi Rasa Sedih hingga Panik

Gaya Hidup | purwokerto.inews.id | Minggu, 23 Juni 2024 - 19:21
share

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Perasaan sedih, cemas hingga panik adalah bentuk perasaan atau emosi yang sering dialami banyak orang saat menghadapi tekanan kehidupan sehari-hari dengan emosi yang lebih intens.

Terdapat cara alami untuk mengelola perasaan ini, diantaranya adalah dengan berolahraga. Selain memberikan kesehatan fisik, olahraga juga bisa memberikan rasa lega, kesehatan mental dan emosional.

Dilansir Okezone dari Times of India, Minggu (23/6/2024) terdapat tiga jenis olahraga efektif yang bisa membantu mengurangi perasaan sedih, cemas, dan panik.

1. Jalan kaki santai

Olahraga paling mudah dan murah ini, diklaim mampu meningkatkan kadar endorfin dan serotonin pada otak. Endorfin dan serotonin merupakan hormon terkait meningkatkan suasana hati alias mood.

Dari hasil penelitian yang dipublikasikan di JAMA Psychiatry, menjelaskan jika aktivitas fisik secara teratur, seperti berjalan kaki, dapat menurunkan risiko terjadinya depresi sebesar 26 persen. Oleh dari itu, coba usahakan untuk dapat berjalan kaki setidaknya 30 menit sehari, kegiatan ini dapat sambil mendengarkan musik.

2. Yoga

Yoga disebut dapat membantu meningkatkan relaksasi dan mengurangi kadar kortisol, hormon stres utama tubuh. Dalam penelitian yang diterbitkan Journal of Clinical Psychology menjelaskan jika, olahraga ini dapat mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

Mulailah dengan gaya yoga lembut seperti Hatha atau Yin, yang lebih fokus pada gerakan lambat, lembut dan mengatur pernapasan dalam. Berolahraga yoga yang rutin setiap hari meski hanya selama 15-30 menit sehari dapat memperbaiki mood dan menurunkan tingkat kecemasan yang signifikan.

3. Lari

Jenis olahraga ini cocok bagi orang-orang yang lebih menyukai kegiatan berolahraga yang lebih berat, berlari yang berirama dapat memberikan efek meditatif, membantu menjernihkan pikiran dan mengurangi perasaan panik. Berlari juga dapat meningkatkan produksi neurotransmitter seperti endorfin, yang sering disebut sebagai "runner's high", yang memunculkan rasa euforia dan ketenangan.

Berdasarkan satu penelitian di American Journal of Psychiatry, olahraga aerobik secara teratur seperti lari, sama efektifnya dengan pengobatan dalam mengobati depresi berat.

Itulah tiga jenis olahraga efektif yang dapat membantu mengurangi perasaan sedih, cemas, dan panik. Semoga informasi ini bermanfaat.

Topik Menarik