Pilih Sekolah yang Tepat untuk Anak Sejak Dini

Pilih Sekolah yang Tepat untuk Anak Sejak Dini

Gaya Hidup | serpong.inews.id | Minggu, 2 Juni 2024 - 09:30
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Memberikan pendidikan yang tepat pada anak sejak dini sangat penting untuk membentuk karakter si kecil. Ya, pendidikan anak usia dini (PAUD) memainkan peran krusial dalam membentuk masa depan anak-anak.

Pada periode usia dini, otak anak berkembang dengan sangat cepat dan mampu menyerap informasi dengan efektif. Oleh karena itu, pengalaman pendidikan pada tahap ini sangat penting untuk mengarahkan perkembangan kognitif, emosional, sosial, dan fisik mereka. Lantas, mengapa Paud penting untuk si kecil?

Rangsang Perkembangan Kognitif Anak

Hal itu dikarenakan Paud dapat merangsang perkembangan kognitif anak. Melalui berbagai aktivitas seperti bermain, bercerita, dan berinteraksi, anak-anak belajar tentang dunia di sekitar mereka. Mulai memahami konsep dasar seperti angka, huruf, bentuk, dan warna yang menjadi pondasi bagi pembelajaran selanjutnya.

Kemampuan Sosial dan Emosional

Paud membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial, seperti berbagi, bergiliran, dan bekerja sama dengan teman sebaya. Mereka juga belajar mengelola emosi, memahami perasaan orang lain, dan membentuk hubungan yang sehat.

Pengembangan Fisik

Aktivitas fisik di Paud membantu perkembangan motorik kasar dan halus anak. Mereka belajar koordinasi, keseimbangan, dan kekuatan melalui permainan dan kegiatan olahraga.

Kurikulum dan Pendekatan Paud

Kurikulum Paud yang efektif harus didesain untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan stimulasi. Pendekatan berbasis bermain, seperti yang digunakan oleh Kipina Kids, merupakan metode yang sangat efektif. Kurikulum berbasis bermain ini menggabungkan pembelajaran terstruktur dengan aktivitas yang mendorong kreativitas dan eksplorasi anak.

Selain memiliki metode pembelajaran yang menyenangkan, sekolah Paud sebaiknya berada dekat rumah. Salah satunya seperti prasekolah (sekolah usia dini) bertaraf internasional Kipina Kids yang rencananya beroperasi pada tahun ajaran Januari 2025. Sekolah Paud ini akan berada di SouthCity.

Sebagai informasi, Kipina Kids Indonesia adalah sekolah anak usia dini dengan program kurikulum Finlandia yang telah disempurnakan, dan dirancang untuk menggabungkan pembelajaran berbasis bermain dengan hasil terstruktur yang memberi anak-anak keunggulan dalam kehidupan sekolah.

Sudino Lim, Chief Executive Officer Kipina Kids Indonesia mengatakan, kurikulumnya mencakup enam bidang inti dan inovasi yang fokus pada perkembangan emosional, sosial, kognitif, dan fisik setiap anak. Adapun tujuannya menciptakan kecintaan belajar seumur hidup pada setiap anak.

Kipina Kids di SouthCity merupakan cabang ke-9 dari Kipina Kids Indonesia. Letak sekolah kami nantinya sangat strategis, ada di jalan utama atau boulevard SouthCity yang menghubungkan kawasan Pondok Cabe dan Cinere. Tak hanya berbagai fasilitas bermain dan belajar anak, sekolah juga akan dilengkapi dengan 12 kelas yang masing-masing terdiri dari 15-20 anak, kata Sudino Lim, melalui keterangannya belum lama ini.

Berlokasi strategis di antara Pondok Cabe (Tangerang Selatan) dan Cinere (Depok), SouthCity memiliki potensi pasar yang besar dengan jumlah penduduk yang terus meningkat. Akses ke kawasan ini sangat mudah dengan dibukanya pintu tol Limo (Tol Serpong-Cinere) yang terintegrasi dengan Tol Depok - Antasari dan Tol Bandara Soetta - Serpong, sehingga memudahkan akses penghuni menuju Jakarta dan sekitarnya.

"Kehadiran fasilitas pendidikan yang berkualitas dekat dengan area residensial semakin menjadi kebutuhan utama bagi banyak keluarga. Kami yakin sekolah yang terintegrasi dalam lingkungan perumahan bukan hanya memudahkan akses pendidikan bagi anak-anak, tetapi juga membawa manfaat signifikan bagi masyarakat dan nilai properti serta kawasan itu sendiri, ujar Peony Tang, Direktur PT Setiawan Dwi Tunggal (SouthCity).

Dia menambahkan, SouthCity memiliki berbagai proyek pengembangan, di antaranya apartemen, perumahan, ruko, dan pusat komersial. "Maka dari itu, adanya fasilitas terbaru sekolah usia dini di dalam kawasan akan semakin memenuhi kriteria pencari properti yang mendambakan rumah dengan harga terjangkau, berada di lingkungan hijau, serta dilengkapi fasilitas berstandar tinggi," kata Peony.

(*)

Topik Menarik