5 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi, Para Ibu Wajib Tahu

5 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi, Para Ibu Wajib Tahu

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 10 Januari 2023 - 08:47
share

JAKARTA, iNews.id - Salah satu penyebab bayi gelisah dan menjadi rewel adalah karena mengalami perut kembung. Kondisi ini membuat bayi tak nyaman. Lantas adakah cara mengatasi perut kembung pada bayi yang aman?

Orang tua harus tahu ada ciri-ciri pada bayi dengan perut kembung. Bayi umumnya terlihat lebih sering menggeliat, mengangkat kaki hingga ke dada, mengalami penurunan nafsu makan, dan terlihat tidak nyaman sepanjang hari.

Sebenarnya, perut kembung pada bayi hingga usia 3 bulan adalah wajar. Hal itu dikarenakan saluran pencernaannya belum berfungsi sempurna. Kondisi ini juga bisa dipicu akibat bayi menelan udara terlalu banyak saat minum susu ataupun menangis.

Karena itu, penting bagi setiap orang tua untuk mengenali tanda bayi mengalami perut kembung dan cara mengatasinya.


Berikut lima cara mengatasi perut kembung pada bayi, dilansir iNews.id dari berbagai sumber, Selasa (10/1/2022):



1. Memijat perut bayi
Cara mengatasi perut kembung pada bayi salah satunya dengan memijat. Caranya, letakkan bayi dalam posisi tidur telantang, kemudian pijat bagian perut bayi. Anda bisa menggunakan minyak pijat khusus untuk bayi atau minyak telon dengan gerakan memijat searah jarum jam. Sensasi hangat yang dihasilkan dari minyak telon dapat meredakan perut kembung yang dialami bayi, membuatnya lebih tenang, dan bisa tidur dengan lelap.

2. Menggerakkan kakinya seperti sedang bersepeda
Cara satu ini juga dipercaya bisa mengatasi perut kembung yang dialami bayi. Caranya, letakkan bayi di kasur dengan posisi tidur telentang. Angkat kedua kakinya dan gerakkan seperti sedang mengendarai sepeda. Gerakan ini dapat mengeluarkan gas dari perut bayi.



3. Perbaiki posisi menyusui
Cara mengatasi perut kembung pada bayi yakni menjaga posisi kepala lebih tinggi dari perutnya saat sedang menyusui bayi. Lakukan cara ini baik ketika menyusui langsung atau melalui botol.Dengan begitu, susu akan turun ke dasar perut dan udara naik ke atas, dan bayi akan lebih mudah untuk bersendawa. Bila perlu, gunakan bantal menyusui untuk menyangga kepala bayi.

4. Buat bayi bersendawa
Salah satu cara termudah untuk mengatasi sakit perut akibat kembung pada bayi adalah dengan sendawa. Bayi perlu bersendawa selama dan setelah menyusui. Jika bayi tidak langsung bersendawa sesaat setelah menyusui, coba baringkan dalam posisi telentang selama beberapa menit. Coba beberapa kali hingga bayi bersendawa.




5. Mengusap punggung bayi
Cara mengatasi perut kembung pada bayi yakni dengan mengusap-usap punggung. Letakkan bayi di atas kedua paha dengan posisi perut menghadap ke bawah atau telungkup. Selanjutnya, usap punggungnya secara perlahan.Anda juga bisa memberikan tummy time kepada bayi dengan membiarkannya tengkurap agar dapat memberikan tekanan ekstra pada perut bayi. Cara ini juga dapat membantu bayi mengeluarkan sebagian gas di perutnya.



Itulah lima cara mengatasi perut kembung pada bayi yang bisa orang tua lakukan di rumah.

Topik Menarik