Menanamkan Kesadaran Menjaga Kebersihan Lingkungan pada Anak-Anak di Banjaragung

Menanamkan Kesadaran Menjaga Kebersihan Lingkungan pada Anak-Anak di Banjaragung

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 12 Desember 2022 - 13:39
share

BANJARAGUNG, NETRALNEWS.COM - Permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat seringakali bersumber dari aktivitas masyarakat itu sendiri. Salah satu permasalahan yang terjadi di masyarakat saat ini adalah mengenai rusaknya lingkungan alam. Banyak orang yang tidak menyadari dampak yang bisa ditimbulkan akibat adanya kebersihan lingkungan.

Pencegahan kerusakan lingkungan bisa dilakukan oleh siapa saja, baik tua maupun muda. Hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisisr adanya kerusakan lingkungan bisa dimulai dengan diri sendiri yaitu dengan meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan.

Kesadaran lingkungan merupakan tindakan atau pun sikap yang menunjukkan pemahaman tentang pentingnya lingkungan yang sehat, dan bersih.

Penanaman mengenai kesadaran lingkungan yang bersih dan sehat perlu dilakukan pada anak sejak usia dini. Hal ini karena anak-anak merupakan masa di mana penyampaian ajaran akan mudah terserap pada ingatan mereka, yang kemungkinan apabila dibiasakan dengan baik akan dibawa sampai mereka dewasa.

Banyak cara yang bisa dilakukan agar anak bisa menjaga dan memelihara lingkungan sekitar mereka, salah satu hal yang paling sederhana yang bisa dilakukan adalah mengajarkan anak-anak untuk tidak membuang sampah sembarangan dan membuangnya pada tempat yang seharusnya, serta melakukan edukasi mengenai cara merwat lingkungan sekitar, agar lingkungan menjadi sehat, bersih, dan nyaman.

Berpijak pada hal tersebut, diadakanlah kegiatan edukasi mengenai penanaman kesadaran menjaga kebersihan lingkungan untuk mendukung program lingkungan sehat yang dilaksanakan hari Jum\'at, 9 Desember 2022 bertempat di Dusun Serning, Desa Banjaragung RT 26 RW 10, Jombang, Jawa Timur. Acara diikuti oleh sejumlah anak rentang usia kelas 1- 6 SD.

Kegiatan edukasi ini berlangsung pada pukul 08.00 sampai 12.00. Selain penyampaian materi mulai dari definisi lingkungan, faktor keruskan lingkungan, dan cara menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat, di akhir kegiatan diadakan kuis untuk mengukur sejauh mana pemahaman anak-anak mengenai materi yang telah di sampaikan.

Setelah kegiatan ini di laksanakan, diharapkan akan tumbuh kesadaran betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan pada anak-anak, sehingga mereka dapat menerapkan hidup bersih dan sehat karena bagaimanapun lingkungan yang bersih merupakan sebagian dari iman. Sehingga, setiap orang wajib untuk saling menjaga kebersihaan baik diri sendiri, rumah, maupun lingkungan sekitarnya.

Penulis: Rosnida Aisah

Topik Menarik