Pertama di Dunia Ada QR Art Karya Seniman Surabaya, Lebih Keren Ketimbang NFT!

Pertama di Dunia Ada QR Art Karya Seniman Surabaya, Lebih Keren Ketimbang NFT!

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 14 Agustus 2022 - 10:20
share

Sejumlah tokoh nasional menjadi tema sentral pameran karyalukis digital yang digelar olehsenimanmulti talenta, Doddy Hernanto yang lebih terkenal dengan sebutan Mr. D. Pameran tersebut bertempat di lobby Hotel Bisantara Bidakara, Jl TegalsariSurabaya, Jawa Timur.

Pameran ini berlangsung mulai 8-22 Agustus 2022 mendatang. Ada lukisan proklamator Kemerdekaan RI, Bung Karno dan Bung Hatta, lalu lukisan Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden KH Maruf Amin, Henry Tanoesoedibjo, Puan Maharani, Sandiaga Uno, KH Hasyim Asyari, Jim Supangkat dan sebagainya.

Pameran tersebut dimaksudkan untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 77 sekaligus menyongsong satu Abad Nahdlatul Ulama (NU). Uniknya,karyaseni yang dipamerkan tersebut bukankaryabiasa.

Jika scan melalui ponsel mengarah ke masing-masing lukisan tersebut akan muncul berbagai data dan berita terkait dengan tokoh-tokoh yang dilukis.

seniman
MR. D, seniman Surabaya membuat barcodeQRArt. (Muhammad Olifiansyah/Z Creators)

Melalui teknologi digital Mr.D mengajak penikmat seni menjelajah potongan-potongan sejarah, dan perjalanan tokoh tersebut melalui ruang peramban dengan melakukan scan pada lukisan.

Dalam pameran tersebut, Mr. D menggelar 30karyalukis realis, yang dilukis secara manual dan 13karyalukis digital, serta gitar yang dilengkapi barcode QRArt.

qr art
MR. D, seniman Surabaya membuat barcodeQRArt. (Muhammad Olifiansyah/Z Creators)

Mengamati perjalanan Mr. D dalam berkarya memang cukup menarik. Selain dikenal sebagai musisi gitaris satu jari, teknologi barcodeQRArtadalahkaryaterbarunya dan merupakan yangpertamadidunia.

Karyaini sudah bersertifikat HKI pada tahun 2021, menurut Mr. Dkaryainovasi ini lahir setelah mengamati bentuk barcode yang tidak mengindahkan unsur senididalamnya.

barcode qr art
BarcodeQRArt, karya seniman Surabaya. (Muhammad Olifiansyah/Z Creators)

Jika sebelumnya teknologi Barcode atauQRcode umumnya hanya satu dimensi berupa kode batang berwarna hitam dan statis, namun dengan kreasi Mr D, dikembangkan menjadi bentuk dua dimensi dan mampu menggabungkanQRcode dengan musik, sketsa, dan video atau animasi.

Karyaini menggabungkan seni analog dan digital sehingga tampak lebih artistik dan dinamis, kataMr. D, seniman kelahiran Mojokerto ini.

qr art
BarcodeQRArt, karya seniman Surabaya. (Muhammad Olifiansyah/Z Creators)

KaryaMr. D ini merupakan eksplorasiQRCode yang tidak hanya mampu merespons cepat informasi yang diperlukan, tetapi juga memiliki tata artistik atau nilai seni.

Karyaini merupakan penyempurnaan evolusi barcode danQRCode menjadi lebih trendi dan kekinian sehingga menjadiQRArtpertamadidunia, tandasnya.

Klaim Mr.D ini bukan sekedar bualan, pada tahun 2021 Mr. D diundang pameran ke Italia dan Perancis bersama tim Kementerian Hukum & HAM Republik Indonesia danQRArtkaryanya inipertamakali digunakan untuk oleh UMKM kota Mojokerto, kampus UnitomoSurabayaserta Universitas Gajayana Malang.

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Lets join Z Creators dengan klik di sini .

Z Creators
Z Creators
Topik Menarik