Daop 6 Uji Coba Lintas KA Bandara Adi Sumarmo–Madiun, Beroperasi November 2024

Daop 6 Uji Coba Lintas KA Bandara Adi Sumarmo–Madiun, Beroperasi November 2024

Ekonomi | sleman.inews.id | Kamis, 17 Oktober 2024 - 17:20
share

SOLO, iNewsSleman.id - Daop 6 Yogyakarta terus mematangkan persiapan rute Kereta Api (KA) Bandara Adi Sumarmo Solo-Madiun yang akan beroperasi November 2024. Persiapan antara lain dengan pemeriksaan lintas, Kamis (17/10/2024).

Pemeriksaan lintas dilakukan langsung jajaran manajemen yang dipimpin EVP Daop 6 Yogyakarta Bambang Respationo. Pemeriksaan lintas sebagai tindak lanjut arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau proyek jalur layang Simpang Joglo Solo belum lama ini. 

Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro mengatakan, dalam pemeriksaan lintas pihaknya ingin memastikan bahwa relasi baru KA Bandara tidak ada kendala ke depannya. 

"Beberapa fokus pengecekan meliputi kesiapan pola operasi, fasilitas penumpang di seluruh stasiun, dan kehandalan sarana," kata Krisbiyantoro. 

Dikatakannya, pemeriksaan dilakukan di stasiun-stasiun Daop 6 yang rencananya digunakan sebagai pemberhentian KA Bandara, diantaranya Stasiun Bandara Adi Soemarmo, Kadipiro, Solo Balapan, Solo Jebres dan Sragen.

Direncanakan, KA Bandara Adi Soemarmo Solo-Madiun akan berjalan 5 trip dalam sehari dengan pola "W" slag. Kereta nantinya akan berjalan dengan kecepatan maksimal 100 kpj dengan waktu tempuh 2 hingga 2,5 jam. 

Dengan adanya perubahan relasi, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Terutama di relasi yang dilewati serta dapat meningkatkan minat masyarakat untuk terus menggunakan transportasi umum.
 

Topik Menarik