KA Logawa Purwokerto-Jember Bakal Hadirkan Rangkaian Stainless Steel New Generation

KA Logawa Purwokerto-Jember Bakal Hadirkan Rangkaian Stainless Steel New Generation

Ekonomi | purwokerto.inews.id | Sabtu, 14 September 2024 - 17:00
share

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - KAI Daop 5 Purwokerto akan melakukan perubahan rangkaian pada Kereta Api (KA) Logawa relasi Purwokerto-Jember PP, mulai Rabu (18/9) mendatang. Untuk rangkaian Kereta Api Logawa terbaru ini, Daop 5 Purwokerto bakal menghadirkan rangkaian Stainless Steel New Generation.

Rangkaian Kereta Api Logawa Stainless Steel New Generation ini sendiri nantinya akan terdiri dari delapan Kereta Api ekonomi New Generation, satu kereta makan, dan satu kereta pembangkit. Di mana setiap kereta di rangkaian Kereta Api Logawa Stainless Steel New Generation terdiri dari 72 tempat duduk (TD) dengan formasi 2-2.


KA Logawa Purwokerto-Jember Rangkaian Stainless Steel New Generation. Foto: Dok Humas Daop 5 Purwokerto 

 

Manager Humas KAI Daop 5 Purwokerto, Feni Novida Saragih mengatakan jika pada setiap satu rangkaian Kereta Api Logawa Stainless Steel New Generation, nantinya akan terdiri dari 576 tempat duduk.

“Tempat duduk yang digunakan pada Kereta Api Logawa Stainless Steel New Generation sudah dilengkapi dengan teknologi reclining, sehingga penumpang bisa mengatur sudut kemiringan kursi sesuai kebutuhan. Selain itu, leg room-nya menjadi lebih luas, arah hadap kursi juga dapat disesuaikan dengan arah laju KA," kata Feni dalam keterangannya, Sabtu (14/9/2024).

Feni menjelaskan, tidak hanya perubahan pada kursi, Kereta Api Logawa Stainless Steel New Generation juga hadir dengan sejumlah fitur baru, diantaranya yakni dilengkapi dengan pintu geser elektrik dan informasi perjalanan Kereta Api elektrik di setiap rangkaian kereta.

Menurut Feni, Kereta Api Logawa Stainless Steel New Generation relasi Purwokerto-Jember PP ini akan mulai melayani pelanggan Kereta Api mulai 18 September 2024. Selanjutnya, Kereta Api Logawa Stainless Steel New Generation akan beroperasi setiap hari dengan keberangkatan awal dari Stasiun Purwokerto pada pukul 05.30 WIB.

"Sedangkan dari Stasiun Jember akan mulai melayani pelanggan Kereta Api mulai tanggal 19 September 2024, dan akan berangkat pada pukul 06.15 WIB. Selanjutnya Kereta Api Logawa Stainless Steel New Generation akan beroperasi setiap hari," ucapnya.

 

Adapun stasiun yang akan dilayani Kereta Api Logawa Stainless Steel New Generation relasi Purwokerto-Jember PP untuk naik-turun penumpang, diantaranya adalah Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Sumpiuh, Stasiun Gombong, Stasiun Karanganyar, Stasiun Kebumen, Stasiun Kutowinangun, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Wates, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari, Stasiun Sragen, Stasiun Ngawi, Stasiun Madiun, Stasiun Caruban, Stasiun Nganjuk.

Berikutnya adalah Stasiun Kertosono, Stasiun Jombang, Stasiun Mojokerto, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Wonokromo, Stasiun Sidoarjo, Stasiun Bangil, Stasiun Pasuruan, Stasiun Probolinggo, Stasiun Kalakah, Stasiun Tanggul, Stasiun Rambipuji, dan berakhir di Stasiun Jember.


KA Logawa Purwokerto-Jember Rangkaian Stainless Steel New Generation. Foto: Dok Humas Daop 5 Purwokerto

 

Feni mengungkapkan, untuk harga tiket Kereta Api Logawa Stainless Steel New Generation relasi Purwokerto-Jember PP ini nantinya mulai dari harga Rp290 ribu pada weekday atau Senin-Kamis. Sedangkan pada weekend atau Jumat- Minggu serta Hari Libur Nasional, harga tiket Kereta Api Logawa Stainless Steel New Generation mulai dari Rp320 ribu.

“Perubahan rangkaian Kereta Api Logawa relasi Purwokerto-Jember PP menjadi Stainless Steel New Generation ini adalah bentuk komitmen KAI Daop 5 Purwokerto untuk terus berinovasi menghadirkan kenyamanan dan kemudahan bagi pelanggan KA dan bagi masyarakat," ucapnya.

Ia mengungkapkan jika berbagai fasilitas baru ini diharapkan bisa menambah kesan perjalanan bagi para pelanggan Kereta Api untuk terus menggunakan moda transportasi KA sebagai pilihan akses perjalanannya.

Pemesanan tiket Kereta Api Logawa Stainless Steel New Generation ini sendiri sudah bisa dilakukan 45 hari sebelum jadwal keberangkatan yang telah ditentukan. Pembelian tiket Kereta Api dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan channel resmi yang bekerjasama dengan KAI.

Topik Menarik