Jokowi Resmikan Pembangunan MRT Rute Tomang-Medan Satria

Jokowi Resmikan Pembangunan MRT Rute Tomang-Medan Satria

Ekonomi | inews | Rabu, 11 September 2024 - 12:49
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mencanangkan pembangunan MRT lintas Timur - Barat atau Tomang-Medan Satria Fase 1 tahap 1. Pencanangan itu dilakukan pada hari ini, Rabu (11/9/2024).

Jokowi mengatakan bahwa pengoperasian MRT Fase 1 Utara-Selatan dari Lebak Bulus - HI telah mengubah wajah tranportasi di Indonesia khususnya Jakarta.

"Di bulan Maret 2019 telah kita operasikan Fase 1 Utara-Selatan dari Lebar Bulus - HI. Yang kalau kita lihat sekarang Utara-Selatan Fase 1 itu sudah mengubah wajah Jakarta, sudah mengubah wajah transportasi Jakarta dan negara kita Indonesia," ujar Jokowi dalam sambutannya.

"Sejak operasi sampai sekarang MRT telah mengangkut, memberikan pelayanan kepada 120 juta penumpang, jumlah yang tidak kecil.
Dan sekarang masih dalam proses pembangunan di Fase 2A Utara-Selatan dari HI sampai Kota," tutur dia.

Jokowi pun ingin memperluas jangkauan MRT dengan membangun Lintas Timur Barat Fase 1 dari Medan Satria menuju Tomang.

"Dan kita ingin memperluas, memperlebar jangkauan pembangunan, sehingga pada hari ini mode MRT akan kita bangun lagi untuk MRT Lintas Timur Barat Fase 1, yaitu dari Medan Satria ke Tomang sepanjang 24,5 kilometer," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan pembangunan MRT rute ini diharapkan bisa memberikan dukungan pada Jakarta sebagai sebuah kota global dan kota aglomerasi dengan di sekitarnya.

"Dan peradaban itu betul-betul peradaban transportasi yang modern, betul-betul hadir setelah MRT itu nantinya selesai semuanya" ungkapnya.

Dikesempatan yang sama, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan bahwa lokasi pencanangan pembangunan MRT Lin Timur Barat Fase 1 Tahap 1 pada hari ini merupakan titik integrasi antara MRT Lin Utara Selatan, Bundaran HI - Ancol Marina dengan MRT Lin Timur - Barat Cikarang - Balaraja.

Heru mengungkapkan bahwa pembangunan MRT Lin Timur-Barat sepanjang 24,5 km akan terdiri atas 21 stasiun.

Topik Menarik