Hari Pelanggan Nasional, BTN Tingkatkan Pelayanan Sebagai Transactional Bank 

Hari Pelanggan Nasional, BTN Tingkatkan Pelayanan Sebagai Transactional Bank 

Ekonomi | medan.inews.id | Jum'at, 6 September 2024 - 16:40
share

MEDAN, iNewsMedan.id - Menyambut Hari Pelanggan Nasional PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menggelar serangkaian acara sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan, baik nasabah ritel maupun lembaga, debitur, mitra atau merchant yang loyal dan berkontribusi terhadap BTN.  

Tahun ini, Direksi BTN secara khusus mengunjungi sejumlah merchant/mitra, serta nasabah untuk menyapa dan melayani para nasabah secara langsung. 

“Kami sangat berterimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya  atas kontribusi dari para nasabah, merchant serta debitur BTN karena telah mendukung BTN menjadi salah satu Bank Terbesar di Indonesia,” kata Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu di Jakarta, Kamis (4/9). 

Nixon menjelaskan, apresiasi tersebut merupakan upaya BTN untuk memberikan pelayanan terbaik dan mendorong para nasabah maupun merchant untuk terus aktif meningkatkan transaksinya, khususnya dengan aplikasi BTN Mobile.  Sebab, lanjut Nixon, saat ini BTN  bertransformasi dengan menggencarkan digitalisasi  melalui  BTN Mobile agar  BTN juga dikenal sebagai transactional Bank. 

“Meskipun kami gencar mempromosikan transaksi digital, di sisi lain kami tidak lupa melupakan sumbangsih dari para debitur KPR BTN karena bagaimanapun BTN tumbuh dan besar sebagai Mortgage Bank yang sejak tahun 1976 senantiasa menyalurkan KPR ke seluruh lapisan masyarakat,” kata Nixon. 

Adapun Direksi lain yang terjun langsung untuk memberikan apresiasi dan layanan langsung kepada nasabah dan merchant serta UMKM yang menjadi mitra BTN antara lain: Wakil Direktur Utama BTN, Oni Febriarto Rahardjo dan Direktur Assets Management Elisabeth Novie Riswanti menyapa  nasabah di area Bintaro dan mengunjungi merchant kedai Mie Ayam Sinar Utama, Jakarta, Direktur Operations & Customer Experience BTN, Hakim Putratama menyapa langsung nasabah di Kantor Cabang Jakarta Melawai dan menyambangi Merchant sekaligus nasabah BTN, PT Gramedia Asri Media di Jakarta. 

 

Sementara Direktur Finance, Nofry Rony Putra  bertandang ke Kantor Merchant Eramart di Kalimantan Timur dan mengunjungi langsung nasabah BTN di area Samarinda. Sedangkan Direktur Consumer Hirwandi Gafar mengunjungi merchant The Icon dan Sunachi Suki serta menyapa nasabah loyal baik konvensional maupun syariah di area Makasar dan Kendari Sulawesi Tenggara. 

Adapun Direktur Distribution and Institutional Funding, Jasmin menemui merchant BTN, Nasi Kapau Pangeran Mudo Rawamangun dan hadir di Kantor Cabang Kelapa Gading Square untuk menyapa nasabah prioritas. Tak hanya itu, Direktur IT Andi Nirwoto mengunjungi nasabah BTN di wilayah Bekasi  sedangkan Direktur Risk Management,   Setiyo Wibowo mengunjungi nasabah dan merchant besar di kota Medan yaitu Zulaikha Sedangkan Benny Yoslim, SEVP Wholesale Banking menyapa langsung nasabah kota Solo dan menemui merchant Ayam Keprabon dan Cold and Brew . 

Tidak ketinggalan, Direktur SME and Retail Funding, Muhammad Iqbal bertemu langsung dengan merchant BTN yang paling aktif, Grand Kitchen dan menyapa nasabah prioritas di KC Surabaya, Jawa Timur. 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Operations and Customer Care BTN, Hakim Putratama menyampaikan visi peningkatan layanan nasabah BTN yaitu “ to deliver a reliable, uniquely differentiated, convenient service beyond customer expectations”. 

“Dimana berdasarkan visi tersebut BTN menetapkan fokus perbaikan peningkatan layanan yang handal, unik dan melebihi ekspektasi nasabah," kata Hakim. 

Selain itu juga dilakukan perbaikan dan peningkatan secara menyeluruh untuk memastikan bahwa Nasabah telah mendapatkan pelayanan terbaik sesuai kebutuhan nasabah, mulai dari peningkatan tampilan premises (aspek fisik) dari segi eksterior, interior dan aspek penunjang lainnya, simplifikasi dan digitalisasi proses perbankan, pengembangan produk & layanan yang personalized, meaningful, dan selaras dengan kebutuhan nasabah. 

“Hal tersebut sesuai dengan Service Value BTN, “FAMILY”, BTN ingin memberikan pelayanan kepada Nasabah dengan ketulusan layaknya melayani keluarga sendiri,” kata Hakim menjelaskan.  

 

Transformasi tersebut, menurut Hakim, diharapkan dapat menjadi pondasi BTN dalam memberikan solusi atas seluruh kebutuhan perbankan nasabah. 

Sementara untuk di Sumut, Kakanwil Sumut Dedi Lesmana didampingi Kacab Medan Abdul Aziz, menyapa pelanggan yang datang dan memberikan bunga mawar. 

"BTN berterimakasih atas kepercayaan nasabah. Selama lebih dari 74 Tahun berdiri, eksistensi BTN saat ini tidak lepas dari peran serta kontribusi Bapak dan Ibu sebagai nasabah BTN," katanya sembari mengatakan kalau BTN masih membutuhkan perbaikan. 

Dedi juga menjelaskan visi layanan kepada nasabah adalah “To deliver a reliable, uniquely differentiated, convenience service beyond customer expectation”. 

"Jadi BTN terus bertransformasi dalam beberapa hal untuk menjawab kebutuhan nasabah BTN. Seperti menghadirkan produk perbankan terbaik, meningkatkan layanan nasabah, dengan memastikan pemenuhan hak-hak sebagai masyarakat yang harus dilayani dengan baik, dan mewujudkan pengalaman layanan perbankan yang unggul," katanya. 

Sementara lanjut Dedi, salah satu wujud komitmen BTN adalah mengembangkan Super Apps BTN Mobile, sebagai salah satu produk BTN dengan beragam fitur yang lengkap. 

"Tidak hanya aplikasi perbankan yang kami kembangkan. Sebagai bentuk apresiasi kami kepada nasabah, kami menghadirkan program terbaru kami yaitu Bale by BTN," terangnya. 

Bale by BTN, lanjut Dedi, hadir sebagai jawaban atas kebutuhan gaya hidup yang semakin beragam di tengah transformasi digital, di manapun nasabah BTN dapat memperoleh manfaat dari transaksi bebas biaya dan cashback yang menarik melalui program tersebut. 

"Selamat Hari Pelanggan Nasional Tahun 2024 kepada seluruh nasabah BTN. Kami bangga dapat selalu melayani dan memenuhi kebutuhan anda. Karena hidup gak cuma tentang hari Ini," tandasnya. 

 

Salah satu pelanggan setia BTN yaitu Nadiva, mengaku sangat puas dengan pelayanan BTN. Khususnya mobile banking BTN. 

"Sering menggunakan M-banking BTN untuk transaksi, dan lain-lain. Sering dapat cashback, dan tidak pernah bermasalah saat melakukan transaksi. Terimakasih," pungkasnya.

Topik Menarik