Viral Kereta Api Terobos Kobaran Api, KAI Jelaskan Kronologi dan Penyebabnya

Viral Kereta Api Terobos Kobaran Api, KAI Jelaskan Kronologi dan Penyebabnya

Ekonomi | inews | Rabu, 21 Agustus 2024 - 14:12
share

JAKARTA, iNews.id - Viral sebuah video memperlihatkan kereta api dengan nomor 23 Argo Cheribon menerobos kobaran api. Diketahui, peristiwa itu terjadi saat kereta melintasi petak Jalur Hilir Karawang - Kedunggedeh Km 59+100 Kampung Babakan, Tanjung Mekar.

Menurut Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko pihaknya menerima laporan yang adanya kebakaran di palet Madura pinggir rel kereta api pada Senin (19/8/2024) pukul 18.35 WIB. Kebakaran tersebut diduga akibat rembetan dari pembakaran sampah.

Merespons hal itu, KAI langsung berkoordinasi dengan unit terkait, seperti Sinyal Telekomunikasi, Kepala Stasiun, Tim Pengamanan dan pihak Damkar setempat.

"Kemudian dari pihak Damkar dengan segera melakukan penanganan dengan mengerahkan tiga unit mobil pemadam sehingga api dapat dipadamkan pada pukul 19.55 WIB dan rel/jalur dipastikan aman dilalui KA," ucap Ixfan, Rabu (21/8/2024).

Meski begitu, pihaknya memastikan perjalanan kereta api tidak terganggu. Bahkan, tidak ada kerugian yang dialami KAI.

"Hanya asap pada saat terjadi kebakaran mengganggu pandangan masinis. Perjalanan KA tidak terganggu sama sekali aman sesuai jadwal," tuturnya.

Sebagai informasi, viral video kereta menerobos kobaran api ramai di media sosial X dan TikTok. Kejadian bermula saat kebakaran terjadi di Kelurahan Tanjung Mekar, Karawang Barat, Karawang pada Senin malam kemarin. Kebetulan, titik kebakaran berada dekat dengan rel kereta api.

Titik kebakaran berupa gudang yang lokasinya cukup dekat dengan rel kereta jalur B arah Jakarta. Sehingga kereta yang melintas terlihat menerjang api.

Topik Menarik