ASDP Siapkan Jalur Alternatif Penyeberangan IKN jelang HUT RI, Ini Lokasinya

ASDP Siapkan Jalur Alternatif Penyeberangan IKN jelang HUT RI, Ini Lokasinya

Ekonomi | inews | Jum'at, 2 Agustus 2024 - 13:04
share

JAKARTA, iNews.id - PT ASDP Indonesia Ferry menyediakan jalur alternatif penyeberangan bagi masyarakat yang ingin ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Lokasi penyebrangan itu berada di teluk Balikpapan.

Menurut Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin jalur alternatif ini dibuka untuk menghubungkan Kariangau, Balikpapan dengan Pulau Balang Bentang Pendek saat perayaan Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-79 di IKN mendatang.

Seperti diketahui, IKN Nusantara berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara yang merupakan bagian dari wilayah operasional ASDP cabang Balikpapan di Pelabuhan Penyeberangan Penajam.

"Melihat antusiasme masyarakat dan potensi peningkatan pengguna jasa pada HUT RI mendatang, ASDP menyiapkan jalur alternatif untuk mengantisipasi kepadatan di jalur reguler," ujar Shelvy dalam keterangan resmi, Jumat (2/8/2024).

Untuk jalur alternatif ini, ASDP engoperasikan 4 kapal dari total 18 kapal selama 24 jam di lintasan ini, termasuk KMP Poncan Moale, KMP Goropa, KMP Dingkis, dan KMP Gajah Mada.

"Jalur alternatif Kariangau-Pulau Balang akan kami aktifkan jika terjadi kepadatan di jalur darat atau lintasan reguler. Kami menunggu arahan lebih lanjut, namun ASDPsiap mengoperasikan jalur ini untuk memastikan kelancaran mobilisasi menjelang perayaan HUT RI di IKN," tutur dia.

ASDP menyiapkan 3 kapal di jalur alternatif ini untuk mengangkut kendaraan dan penumpang menuju IKN, dengan jarak tempuh 9,5 mil yang membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam.

"Dengan jalur darat dari Pelabuhan Pulau Balang ke IKN yang lebih dekat dibandingkan dengan Penajam, kami berharap jalur alternatif ini dapat memperlancar rangkaian acara HUT ke-79 RI di IKN," katanya.

Sebagai informasi, akses menuju IKN saat ini dapat ditempuh melalui jalur darat atau Lintasan Penajam-Kariangau, Balikpapan dengan waktu 60 menit, dilanjutkan perjalanan darat selama 1,5 jam.

Topik Menarik