Asyik! LRT Jakarta Velodrome-Manggarai Ditarget Operasi Awal 2027

Asyik! LRT Jakarta Velodrome-Manggarai Ditarget Operasi Awal 2027

Ekonomi | inews | Rabu, 26 Juni 2024 - 19:35
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan menargetkan pembangunan LRT Jakarta Fase 1B dari Velodrome hingga Manggarai rampung pada kuartal III tahun 2026. Harapannya, LRT bisa beroperasi di awal 2027.

Menariknya lagi, LRT tersebu akan terintegrasi langsung dengan stasiun sentral Manggarai. Menurut Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal progres pengerjaan LRT Jakarta Fase ini relatif lancar. Sehingga, tidak meleset dari target yang ditetapkan. 

"Kami optimistis proyek ini dapat segera selesai dan dioperasikan pada awal 2027. Harapan kami di kuartal ketiga 2026 sudah dapat dinikmati oleh publik," kata Risal dalam keterangan resminya, Rabu (26/6/2024).

Adapun hingga pekan kedua Juni 2024, pekerjaan LRT Jakarta Velodrome-Manggarai sudah mencapai 18,147 parsen. Pada fase ini, dibangun jalur sepanjang 6,4 km dengan 5 stasiun yang terdiri atas Stasiun Rawamangun, Stasiun Pramuka BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman, dan berakhir di Stasiun Manggarai.

"Kehadiran LRT Jakarta Fase 1B ini akan melengkapi integrasi transportasi di Stasiun Manggarai. Sehingga nanti ketika kereta jarak jauh berhenti di stasiun ini, penumpang dapat langsung melanjutkan perjalanan menuju Kelapa Gading menggunakan LRT Jakarta, dengan memanfaatkan walk away dari Stasiun Manggarai menuju stasiun LRT Jakarta," ucap dia.

Nantinya, LRT Jakarta akan dioperasikan dengan waktu jeda (headway) selama 10 menit. Dengan adanya perpanjangan ini, potensi demand penumpang meningkat secara bertahap menjadi 80.000 per hari untuk lintas Velodrome-Manggarai.

Guna memaksimalkan okupansi LRT Jakarta, ke depan juga akan dikembangkan Fase 2A dengan lintas Kelapa Gading-JIS, 1C Manggarai-Dukuh Atas, 1D Dukuh Atas-Pesing, juga rute 3A dan 3B yang masing-masing akan melengkapi rute Kemayoran – JIS – Kelapa Gading – Velodrome – Klender – Halim.

Topik Menarik