IHSG Berpeluang Rebound Hari Ini, Berikut Rekomendasi Sahamnya

IHSG Berpeluang Rebound Hari Ini, Berikut Rekomendasi Sahamnya

Ekonomi | inews | Jum'at, 31 Mei 2024 - 07:27
share

JAKARTA, iNews.id - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) membentuk lower shadow panjang pascauji level psikologis 7.000 pada perdagangan Kamis (30/5) kemarin. Secara teknikal, pola tersebut membuka peluang technical rebound ke kisaran pivot 7.050 pada perdagangan hari ini (31/5/2024).

Sementara itu, nilai tukar rupiah melanjutkan pelemahannya ke Rp15.255 di Kamis (30/5) sore. Analis Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan mengatakan, sentimen eksternal mendominasi faktor penekan rupiah. Pertama dari ketidakpastian arah kebijakan moneter The Fed.

Kedua adalah keraguan pasar terhadap peluang pemangkasan suku bunga acuan Bank Sentral Eropa (ECB) merespons sejumlah data ekonomi terbaru di Eropa.

Ketiga adalah revisi positif terhadap outlook pertumbuhan ekonomi Tiongkok oleh IMF yang terindikasi memicu capital outflow dari negara berkembang lain, termasuk Indonesia, kata Valdy dalam keterangan resminya, Jumat (31/5/2024).

Di sisi lain, perlambatan pertumbuhan ekonomi di Amerika Serikat (AS) di kuartal pertama tahun 2024 diharapkan bisa meredam capital outflow, karena diperkirakan menekan The Fed untuk mempertahankan peluang pemangkasan suku bunga acuan di September 2024.

Rekomendasi Saham Hari Ini

Saham-saham yang dapat diperhatikan pada hari ini antara lain, PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA), PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) dan PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) dengan kecenderungan trading buy jangka pendek.

Topik Menarik