Ribut-ribut soal Tapera, Airlangga Ogah Evaluasi: Sosialisasi Dulu

Ribut-ribut soal Tapera, Airlangga Ogah Evaluasi: Sosialisasi Dulu

Ekonomi | inews | Rabu, 29 Mei 2024 - 19:51
share

JAKARTA, iNews.id  - Polemik iuran Tapera potong gaji karyawan ramai menjadi pembicaraan masyarakat. Merespons hal itu, Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto mengaku tidak akan mengevaluasi kebijakan tersebut. 

Malahan, ia mengaku akan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarkat terkait aturan pemotongan 3 persen untuk tabungan Tapera di mana 0,5 persen ditanggung perusahaan pemberi kerja dan 2,5 persen ditanggung pekerja.

"Tidak (evaluasi), sosialisasi dulu ya," kata Airlangga ditemui selepas Rakortas di Gedung Kemenko Perekonomian, Rabu (29/5/2024).

Airlangga menuturkan saat ini Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2024 perihal Tapera ini akan terus disosialisasikan ke masyarakat. Dia mengatakan walau menjadi direspons masyarakat dalam bentuk kritik, pemerintah meminta agar dipahami dulu kebijakan Tapera tersebut.

"Dipahami dulu ya,"  tuturnya singkat.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto menanggapi perihal iuran Tapera yang kini ramai diperbincangkan. Dirinya pun akan memeriksa hal itu lebih lanjut bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Nanti kita lihat. Tentu, kan ini nanti dicek (evaluasi) ke Pak Menteri PUPR. Ya nanti akan dicek dengan Menteri terkait. Ya tidak lama lah," ujar Airlangga.

Topik Menarik