Arab Saudi Bakal Jual Saham Aramco Rp160 Triliun pada Juni 2024

Arab Saudi Bakal Jual Saham Aramco Rp160 Triliun pada Juni 2024

Ekonomi | inews | Senin, 27 Mei 2024 - 07:22
share

DHAHRAN, iNews.id - Arab Saudi berencana menjual saham raksasa energi, Saudi Aramco senilai miliaran dolar pada bulan Juni mendatang. Penjualan tersebut akan menjadi kesepakatan terbesar di kawasan, menurut dua sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Mengutip Reuters , salah satu sumber menyebut, penjualan saham tersebut dapat mengumpulkan dana segar sekitar 10 miliar dolar AS atau setara Rp160 triliun. Persiapan aksi korporasi tersebut tengah berlangsung dan rinciannya masih bisa berubah.

Saham tersebut akan dicatatkan di Riyadh dan akan menjadi penawaran yang dipasarkan sepenuhnya dan bukan penjualan yang dipercepat dalam beberapa hari.

Keputusan mengenai penjualan saham adalah urusan pemegang saham kami dan bukan sesuatu yang dapat kami komentari, kata Aramco.

Bank-bank termasuk Citigroup, Goldman Sachs, dan HSBC sebelumnya telah didapuk untuk mengelola penjualan saham Aramco.

Pemerintah Saudi tetap menjadi pemegang saham terbesar Aramco, dengan menguasai 90 persen saham. Aramco memperkirakan akan membayar dividen sebesar 31 miliar dolar AS, meskipun pendapatan pada kuartal I 2024 lebih rendah di tengah rendahnya harga minyak dan volume penjualan.

Sejak penawaran umum perdana pada tahun 2019 yang sekaligus menjadi IPO terbesar di dunia, saham Aramco telah meningkat dari harga pembukaan 32 riyal ke level tertinggi 38,64 riyal pada tahun lalu. Sahamnya ditutup pada 29,45 riyal pada perdagangan akhir pekan.

Adapun, Arab Saudi telah memulai transisi ekonomi yang dikenal sebagai Visi 2030, di mana pemerintah akan mendorong sektor swasta dan pertumbuhan ekonomi non-minyak sebagai pusat pembangunan di masa depan.

Topik Menarik