Antisipasi Abrasi, Daerah Pesisir dan DAS Cianjur Selatan Akan Ditanami Pohon Cemara Udang

Antisipasi Abrasi, Daerah Pesisir dan DAS Cianjur Selatan Akan Ditanami Pohon Cemara Udang

Terkini | cianjur.inews.id | Kamis, 10 Oktober 2024 - 07:10
share

CIANJUR, iNewsCianjur.id - PT Adaro Indonesia bakal melakukan menanam pohon Cemara Udang sepanjang pantai yang ada di Cianjur Selatan yang luasan lahannya capai 235 hektar.

Diketahui, Pohon Cemara Udang merupakan tanaman andalan yang berguna untuk menahan angin kencang, meminimalisir abrasi, membendung hempasan gelombang laut, juga meredam terpaan pasir.

Perwakilan PT Adaro Indonesia, Taruna Jaya mengatakan, penanaman pohon peneduh tersebut merupakan komitmen Adaro Indonesia dalam perbaikan lingkungan dengan memperbaiki kondisi ekosistem sekitar juga upaya rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS).

"Target kami mulai menanam pada tahun ini. Penanamam dinamakan Penol dan dimulai dari wilayah Sinar Laut dan Karangwangi dengan melibatkan komponen masyarakat sekitar, " ujarnya pada Rabu, 9 Oktober 2024.

Dari hasil penanaman tersebut, lanjutnya, selanjutnya akan dinilai oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) dan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat. 

"Pelaksanaan dilakukan PT Gemilang Jaya Persada. Dengan penanaman ini akan menunjang kebijakan provinsi Jawa Barat agar DAS kembali hijau, dan kini kita akan tingkatkan," jelasnya.

Dia menambahkan, ini merupakan momen bagi sejumlah desa yang ada di wilayah pesisir Cianjur Selatan. Pasalnya, hal tersebut membutuhkan pemulihan kawasan melalui mekanisme penghijauan dengan komoditas tanaman jangka panjang.

Topik Menarik