Mantan Kasat Resnarkoba Polres Cianjur yang Berprestasi di Reskrim Polres Sukabumi

Mantan Kasat Resnarkoba Polres Cianjur yang Berprestasi di Reskrim Polres Sukabumi

Terkini | cianjur.inews.id | Rabu, 9 Oktober 2024 - 11:20
share

SUKABUMI, iNewsCianjur.id - Prestasi mantan Kasat Resnarkoba Polres Cianjur yang kini jabat Kasat Reskrim Polres Sukabumi AKP Ali Jupri dalam mengungkap sejumlah kasus patut diapresiasi.

Selama satu tahun menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Sukabumi, banyak kasus besar yang berhasil diselesaikan Ali Jupri.

“Setiap kasus harus diselesaikan dengan cepat. Kecepatan dalam bertindak adalah kunci untuk menjaga rasa aman di masyarakat,” kata Ali pada Selasa, 8 Oktober 2024.

Ali Jupri pun tak jarang turung langsung ke lapangan, untuk menyelesaikan berbagai kasus.

“Namun semua kegiatan saya juga tidak lepas dari petunjuk dan arahan pimpinan, dalam hal ini Kapolres Sukabumi, AKBP Samian,” tegasnya.

Salah satu keberhasilan Ali Jupri dalam mengungkap kasus dengan cepat diantaranya yakni, pengungkapan kasus pembunuhan di Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi pada Mei 2024 silam, tentang seorang ibu yang tewas oleh anak kandungnya.

Saat itu, Ali Jupri memimpin langsung olah tempat kejadian perkara (TKP) dan dalam waktu singkat berhasil menangkap tersangka.

“Kasus ini menjadi prioritas kami karena menyangkut keselamatan keluarga. Dengan bukti-bukti yang kuat, kami bisa mengungkap kasus ini dalam waktu kurang dari 24 jam,” terang Ali.

Kemudian, Ali juga terlibat langsung dalam pengungkapan kasus pembunuhan di Cisolok, ketika ditemukan jasad seorang pria ditemukan membusuk di kebun.

Meski kondisi jasad sudah rusak 80 persen, namun berkat kesigapannya dan timnya, identitas korban berhasil terungkap dan pelaku ditangkap dalam waktu singkat.

“Sejak waktu pertama mayat ditemukan insting saya mengatakan jasad ini mati tak wajar. Sampai akhirnya dari hasil identifikasi berhasil mengungkap identitasnya sampai kemudian kita ungkap bahwa korban ini dibunuh, dalam 1 x 24 jam pelaku langsung kita tangkap,” papar Ali.

Selain dikenal sebagai anggota Polri yang tegas dalam bertugas, Ali Jupri juga dikenal aktif dalam kegiatan sosial.

Dirinya sosok yang rajin mengunjungi pesantren-pesantren untuk berbagi dan memberikan bantuan, dalam pembangunan fasilitas pendidikan.

“Setia persoalan menyangkut fenomena sosial juga harus diperhatikan, harus diselesaikan. Karena Polri ini juga tidak hanya bertugas melindungi tapi juga mengayomi,” tuturnya.

Ali dan jajaran juga kerap memberikan santunan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui program Jumat Berkah yang diinisisasinya.

“Sebagai aparat penegak hukum, kita juga harus dekat dengan masyarakat. Bukan hanya soal keamanan, tetapi bagaimana kita bisa membantu meringankan beban mereka,” kata dia.

Topik Menarik