Gagal Penuhi Syarat, Sejumlah Nama Bacabup dan Bacwabup dari PKB Brebes Tumbang

Gagal Penuhi Syarat, Sejumlah Nama Bacabup dan Bacwabup dari PKB Brebes Tumbang

Terkini | brebes.inews.id | Jum'at, 5 Juli 2024 - 00:30
share

BREBES, iNews.id - Mendekati masa pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Brebes pada 27 Agustus 2024 mendatang di KPUD, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Brebes terus melakukan tahapan seleksi pada Bacabup dan Bacawabup yang telah mendaftarakan diri saat penjaringan.

Dari 12 nama yang mendaftarkan diri ke DPC PKB Brebes, mengerucut 5 nama yang akan masuk pada proses seleksi Bacabup berikutnya yakni, Heri Laksono, Wahyu Surya Gading, Asrofi, dan Waidin. Sementara nama bacawabup tunggal adalah Willy Roymond. 

Sementara para bakal calon yang dinyatakan tidak memenuhi syarat atau mundur adalah Dian Alex Chandra, Djarot Harnanto, Ahmad Munsip, A. Soleh, Mustholah, Akhmad Musyaffa, dan Azmi Asmuni Majid.

Ketua Desk Pilkada PKB Brebes Ahmad Soleh mengatakan, mundurnya sejumlah nama salah satunya lantaran tidak menyanggupi sarat yang diberikan. Sehinga tidak dapat mengikuti tahapan selanjutnya. 

Selain mundur, ada juga 2 nama yang sebelumnya mendaftar sebagai bacawabup naik statusnya menjadi bacabup. Yaitu Heri Laksono dan Asrofi. 

"Tidak memenuhi syarat itu karena tidak siap untuk mengikuti tahapan selanjutnya, yaitu survey yang biayanya iuran bakal calon," ujarnya usai pertemuan tahapan survey bacabup-bacawabup di DPC PKB Brebes, Kamis (4/7/2024) petang. 

Nantinya, lanjut Soleh, pihaknya akan menggandeng lembaga survey profesional yang biayanya dibebankan iuran bakal calon.

 

"Rencana survey dari lembaga profesional. Hasil survey yang jelas untuk menilai elektabilitas, popularitas juga," terangnya.

Hasil survey, kata Ahmad Soleh, nantinya tahapan selanjutnya akan diserahkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP). 

"Hasil survey nama-nama nanti kita serahkan ke pusat. Tapi memang dari awal nama-nama yang daftar sudah diserahkan ke pusat," ungkapnya.

Sebelumnya, Ahmad Soleh mengatakan dengan hanya memiliki 8 kursi di DPRD Brebes, PKB masih membutuhkan setidaknya 2 kursi lagi dengan cara berkoalisi dengan parpol lain untuk bisa mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Pilkada 2024.

Sementara salah satu Bakal Calon Wakil Bupati yang dinyatakan lolos pada tahapan seleksi selanjutnya, Willy Roymond mengaku optismistis bisa mendapatkan rekomendasi dari DPP PKB, mengingat hanya dirinya yang tersisa sebagai bakal cawabup dari DPC PKB Brebes. 

"Optimistis, kalau memang ada permintaan atau syarat dari DPP saya siap," tegasnya.

Willy berharap, DPC PKB Brebes bisa berkoalisi dengan partai politik (Parpol) yang mengusung bacabup, sehingga PKB bisa mengusulkan bacawabup. 

Ia juga menyatakan, jika memang ke depan bisa diberi amanah sebagai wakil bupati terpilih, bisa memberikan manfaat seluas-luasnya bagi warga Brebes. 

"Saya ingin menggratiskan biaya sekolah negeri dari SD sampai SMA tanpa pungutan apapun. Kedua, memastikan lulusan SMA baik laki-laki maupun perempuan yang ingin bekerja di perusahaan di Brebes bisa terserap. Jadi agar ada kesetaraan gender agar tidak ada ketimpangan sosial," pungkasnya.

Topik Menarik