Rusia Siap Menerima Kunjungan Prabowo Subianto

Rusia Siap Menerima Kunjungan Prabowo Subianto

Terkini | inews | Minggu, 7 Juli 2024 - 08:18
share

JAKARTA, iNews.id - Rusia siap menerima kunjungan Presiden RI terpilih Prabowo Subianto, sebelum maupun sesudah pelantikan. Prabowo akan dilantik sebagai presiden RI yang baru menggantikan Joko Widodo (Jokowi) pada 20 Oktober mendatang.

Kunjungan Prabowo ke Rusia memang belum dipastikan. Namun Prabowo telah melakukan lawatan ke beberapa negara setelah ditetapkan secara resmi sebagai presiden terpilih, termasuk ke China dan Jepang.

Kami akan siap menerima beliau dalam kunjungan, baik setelah beliau dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia maupun sebelum acara, kata Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia, Sergei Tolchenov, kepada Sputnik, dikutip Minggu (7/7/2024).

Menurut Tolchenov, Prabowo sudah beberapa kali mengunjungi Rusia dalam kapasitas sebagai menteri pertahanan (menhan), termasuk beberapa tahun lalu saat menghadiri parade Hari Kemenangan.

Namun pihaknya masih menunggu kepastian dari pemerintah Indonesia soal kunjungan tersebut.

Hal lain adalah kita harus mendapat sinyal yang jelas dari pemerintah Indonesia bahwa presiden terpilih ingin berkunjung ke Rusia. Kami siap melakukan ini, tapi saya tegaskan sekali lagi, kami menunggu sinyal yang sesuai dari pemerintah Indonesia, kata Dubes.

Kabar mengenai kemungkinan kunjungan Prabowo ke Rusia disampaikan Dubes RI di Moskow Jose Tavares pada awal Juni lalu. Saat itu Jose mengatakan, keputusan akhir masih akan ditentukan pihak Prabowo. Meski demikian Jose mengungkapkan keyakinan yang tinggi kunjungan itu akan terwujud.

Dia tak menyebutkan kapan kunjungan berlangsung, apakah sebelum atau setelah dilantik.

Sementara itu kunjungan terakhir presiden RI ke Rusia terjadi pada 30 Juni 2022. Presiden Jokowi saat itu bertemu mitranya Vladimir Putin di Istana Kremlin untuk mengundangnya ke KTT G20 di Bali yang berlangsung pada akhir tahun.

Topik Menarik