7 Tempat Kuliner Malam Cirebon, Nomor 4 Ada sejak 1968 Resep Diwariskan Turun-temurun

7 Tempat Kuliner Malam Cirebon, Nomor 4 Ada sejak 1968 Resep Diwariskan Turun-temurun

Berita Utama | inews | Kamis, 24 Oktober 2024 - 06:00
share

JAKARTA, iNews.id - Cirebon, kota yang terletak di pesisir utara Jawa Barat. Ada 7 tempat kuliner malam Cirebon yang menarik untuk kumpul bersama teman maupun kerabat.

Cirebon dikenal sebagai kota yang kaya akan sejarah, budaya dan kuliner. Perpaduan antara budaya Jawa dan Sunda yang kuat menjadikan Cirebon memiliki karakteristik unik yang membedakannya dengan kota-kota lain di Jawa.

Tempat kuliner malam Cirebon sangat cocok bagi yang sedang berlibur di kota udang ini. Berbagai pilihan makanan dan minuman yang lezat dan terjangkau membuat kuliner malam di Cirebon tak kalah menarik dibandingkan destinasi kuliner lainnya.

7 Tempat Kuliner Malam Cirebon

1. Nasi Jamblang Mang Dul

Nasi Jamblang Mang Dul merupakan kuliner legendaris Cirebon yang banyak dicari. Nasi Jamblang disajikan dengan bungkus daun jati, terdapat pilihan lauk prasmanan seperti sambal goreng, tahu sayur, semur hati, perkedel dan ikan asin. 

Nasi Jamblang Mang Dul terkenal akan rasa yang lezat dan konsisten, sehingga banyak pelanggan setia. Tersedia sekitar 30 jenis lauk, Bertempat di Jalan DR. Cipto Mangunkusumo No.8, Pekiringan, Kecamatan Kesambi, Cirebon.

2. Empal Gentong Haji Apud

Bagi yang sedang di Cirebon, wajib mampir ke tempat  empal gentong ini. Memiliki cita rasa kuah yang kental dan gurih dengan daging empuk dan melimpah. 

Harga yang terjangkau membuat Empal Gentong Haji Apud tidak pernah sepi pengunjung. Empal gentong Haji Apud sudah ada sejak 1994. 

Lokasinya di Jalan Raya Ir. H Juanda No. 24 Battembat- Tengah Tani, Cirebon. Buka pukul 09.00-21.00 WIB.

3. Bubur Sop Ayam Mang Kapi

Menikmati kuliner malam dengan menu bubur yang nikmat, merupakan salah satu pilihan pas. Tempat ini telah ada sejak 1995 dan terkenal di Cirebon, Bubur Sop Ayam Mang Kapi yang menawarkan ciri khas bubur sop ayam dengan tambahan tauco. 

Disajikan dengan suwiran ayam kampung dan berbagai topping lainnya. Lokasinya berada di Jalan Tentara Pelajar Nomor 56, Kejaksan, Kota Cirebon. 

Buka setiap hari dari pukul 17.00-01.30 WIB dengan harga mulai dari Rp25.000. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner malam yang menggugah selera ini.

4. Nasi Lengko Pak Barno

Nasi lengko merupakan hidangan khas Cirebon yang terdiri dari nasi putih, tempe, tahu goreng, mentimun dan tauge disiram dengan bumbu kacang dan kerupuk sebagai pelengkap. 

Bagi yang ingin mencobanya, Nasi Lengko Pak Barno merupakan tempat yang pas. Tempat ini telah ada sejak 1968 dengan resep yang diwariskan secara turun-temurun. 

Lokasinya di Jalan Pagongan Nomor 15B, Pekalangan, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. Tempat ini buka setiap hari pukul 06.00 hingga 21.00 WIB dengan harga mulai dari Rp15.000.

5. Empal Gentong Krucuk 1

Empal merupakan salah satu makan khas Cirebon yang terkenal. Kudapan ini memiliki penampilan yang mirip dengan gulai, tetapi berbeda dalam proses pembuatannya. 

Empal Gentong dimasak dalam gentong dan dibiarkan selama beberapa jam. Restoran ini terletak di Jalan Slamet Riyadi No. 1-5, Kesenden, Cirebon dan buka setiap hari pukul 07.00-21.30 WIB.

6. Sate Kalong Pak Karyadi

Sate Kalong dinamai demikian karena tempat ini buka dan beroperasi di malam hari dari sore hingga dini hari, mirip dengan kelelawar yang aktif di malam hari. Sate di tempat ini menggunakan daging kerbau. 

Sate Kalong Pak Karyadi, salah satu tempat sate legendaris, telah beroperasi sejak 1980-an. Saat ini, usaha ini dikelola oleh generasi kedua yang telah berjualan selama 20 tahun.

7. Kembang Tahu dan Susu Jahe Merah NN

Bagi yang mencari kuliner untuk menghangatkan badan di malam hari, kembang tahu dan susu jahe merah merupakan pilihan tepat untuk menghangatkan tubuh sambil menikmati suasana malam di Cirebon. 
Kembang Tahu dan Susu Jahe Merah NN menjadi salah satu kuliner malam favorit, menawarkan berbagai varian kembang tahu seperti original, susu, kacang, keju dan komplet. 

Lokasinya di Jalan Tuparev (seberang Empal H. Apud), Sutawinangun, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, buka setiap hari pukul 17.30-22.30 WIB, dengan harga Rp6.000-Rp15.000.

Itulah rekomendasi 7 tempat kuliner malam Cirebon dengan beragam pilihan makanan khas yang menggugah selera, membuat bermalam di Cirebon terasa lebih berkesan. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatannya.

Topik Menarik