IMC Komisariat Universitas Terbuka Gelar Seminar Serial Pilkada 2024

IMC Komisariat Universitas Terbuka Gelar Seminar Serial Pilkada 2024

Berita Utama | lebak.inews.id | Jum'at, 11 Oktober 2024 - 13:15
share

LEBAK, iNewsLebak.id - Pengurus Komisariat Ikatan Mahasiswa Cilangkahan Universitas Terbuka (UT) menggelar Seminar Edukatif Serial Pilkada tahun 2024, bertempat di Pendopo Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten, pada Rabu (9/10/2024) sore. 

Seminar Edukatif Serial Pilkada ini dengan mengangkat tema "Menjaga Kondusifitas & Toleransi Jelang Pemilukada Serentak Tahun 2024".

Hadir sebagai narasumber sejumlah praktisi diantaranya: Pihak Penyelenggara yakni KPU dan Bawaslu, Aktivis, Akademisi, dan Pihak Kepolisan. 

Ketua Komisariat Ikatan Mahasiswa Cilangkahan (IMC) Universitas Terbuka, menyampaikan bahwa seminar edukatif serial Pilkada ini merupakan wujud kepedulian pihaknya terhadap gelaran Pilkada yang akan datang

Pilkada nanti diharapkan mengedepankan asas toleransi dan kondusifitas sebagaimana tujuan bersama menciptakan perhelatan Pilkada yang transparan, jujur dan jauh dari berbagai praktik kecurangan.

 

"Ini merupakan wujud kepedulian kami, supaya gelaran Pilkada yang akan datang dapat terlaksana secara transparan serta jauh dari praktik kecurangan" terangnya. 

Kendati demikian, Rifa menginginkan adanya problem solving dari berbagai permasalahan yang dihadapi sebagaimana isu-isu negatif yang sering muncul saat gelaran Pemilu datang setiap tahunnya.

Banyaknya berita-berita buruk yang menggunjing ketidak profesionalan alias ketidak netralan pihak penyelenggara, tentunya hal tersebut harus menjadi cermin, jangan sampai terulang kembali.

"Isu-isu negatif yang sering muncul, berupa ketidak profesionalan atau ketidak netralan pihak penyelenggara harus menjadi tuntutan, jangan sampai hal yang sama terulang untuk kesekian kalinya," ujar Rifa. 

Dirinya menyebut bahwa IMC UT konsisten mengawal isu-isu kepemiluan, seperti halnya di bulan Februari lalu pihaknya menggelar seminar dengan mendatangkan KPU dan Bawaslu untuk menghadapi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024.

Topik Menarik