Studi Ungkap 610 Spesies Burung Punah dalam 130 Ribu Tahun

Studi Ungkap 610 Spesies Burung Punah dalam 130 Ribu Tahun

Berita Utama | okezone | Sabtu, 5 Oktober 2024 - 16:27
share

WASHINGTON - Dodo, burung terkenal yang tidak bisa terbang yang menghuni pulau Mauritius di Samudra Hindia, menjadi studi kasus kepunahan yang disebabkan oleh manusia. 

Dodo, yang beradaptasi dengan baik dengan ekosistemnya yang terisolasi tetapi tidak siap menghadapi kedatangan manusia, pertama kali ditemukan oleh pelaut Belanda pada 1598. Perburuan, perusakan habitat, dan masuknya spesies non-asli menyebabkan kepunahannya dalam waktu kurang dari 80 tahun.

Melansir Reuters, Sabtu (5/10/2024), Dodo bukanlah satu-satunya burung yang punah. Penelitian baru telah mendokumentasikan kepunahan 610 spesies burung selama 130.000 tahun terakhir, bertepatan dengan penyebaran global spesies kita Homo sapiens, krisis burung yang semakin cepat dalam beberapa tahun dan dekade terakhir. Misalnya, Kaua?i ????, burung penyanyi Hawaii, dinyatakan punah tahun lalu.

Para peneliti juga mengungkap konsekuensi ekologis, karena hilangnya spesies burung menghapus fungsi yang mereka jalankan dalam ekosistem yang tak terhitung jumlahnya.

"Burung menjalankan sejumlah fungsi ekosistem yang sangat penting, banyak di antaranya yang kita andalkan, seperti penyebaran benih, konsumsi serangga, daur ulang bahan mati - misalnya, burung nasar - dan penyerbukan. Jika kita kehilangan spesies, maka kita kehilangan fungsi-fungsi ini," kata ahli ekologi Tom Matthews dari Universitas Birmingham di Inggris, penulis utama studi yang diterbitkan minggu ini di jurnal Science.

"Contoh yang bagus dari hal ini adalah di pulau Mauritius dan Hawaii. Semua atau hampir semua frugivora asli - burung yang memakan buah - telah punah," kata Matthews.

Dodo dan Kaua?i ????, yang diyakini memakan buah sebagai bagian dari makanan mereka, termasuk di antara mereka.
"Frugivora adalah fungsi penting, karena dengan memakan buah dan kemudian bergerak, burung akan menyebarkan benih tanaman tempat buah itu berada," kata Matthews.

Hal ini dapat memicu "kepunahan berantai sekunder," kata Matthews, dengan Mauritius kini memiliki banyak spesies pohon yang terancam.

Kepunahan yang terdokumentasikan sebagian besar terjadi di pulau-pulau. Hilangnya habitat dapat berdampak besar mengingat isolasi dan berkurangnya wilayah yang terlibat, sementara masuknya hewan seperti tikus, kucing, dan mencit dapat berdampak besar mengingat evolusi ketidakmampuan terbang di antara banyak burung endemik pulau yang membuat mereka tidak dapat melarikan diri dari predator baru, kata Matthews.

 

Perburuan manusia merupakan pendorong kepunahan besar di masa lalu dan masih menjadi masalah di wilayah tertentu. Menangkap burung untuk perdagangan burung penyanyi merupakan masalah besar, khususnya di Asia Tenggara, kata Matthews.

Wilayah dan spesies tertentu memiliki faktor yang lebih spesifik yang terlibat. Misalnya, malaria burung, yang dibawa oleh manusia, telah memicu sejumlah besar kepunahan di Hawaii - khususnya di antara burung madu Hawaii endemik - di mana burung tersebut tidak memiliki kekebalan alami.

"Hal yang tidak diketahui besar ke depannya adalah peran perubahan iklim antropogenik sebagai pendorong," kata Matthews.

Beberapa burung yang menakjubkan telah punah. Burung gajah besar yang tidak bisa terbang yang merupakan endemik Madagaskar punah setelah manusia datang, termasuk Aepyornis maximus, yang mungkin merupakan burung terbesar yang pernah ada, dengan tinggi sekitar 10 kaki (3 meter). Burung moa yang tidak bisa terbang yang merupakan endemik Selandia Baru, termasuk moa raksasa Pulau Selatan yang ukurannya menyaingi burung gajah, juga punah setelah manusia menjajah pulau-pulau tersebut. 

Merpati penumpang yang bermigrasi di Amerika Utara jumlahnya mencapai miliaran, tetapi diburu hingga punah. 610 spesies yang digabungkan mewakili 3 miliar tahun sejarah evolusi yang unik, kata para peneliti, dengan setiap spesies yang punah seperti memotong cabang dari pohon kehidupan. 

Matthews mengatakan, angka 610 "mungkin merupakan perkiraan yang sangat rendah" dari kepunahan burung, karena kurangnya data dari beberapa lokasi dan fakta bahwa beberapa spesies yang punah mungkin tidak meninggalkan sisa-sisa kerangka yang dapat ditemukan. 

"Sebagian besar kepunahan selama 50.000 tahun terakhir disebabkan oleh tindakan manusia," kata Matthews.

Sekitar 11.000 spesies burung kini ada, menempati berbagai relung ekologi yang memusingkan. Para peneliti memproyeksikan kepunahan lebih dari 1.000 spesies di masa mendatang selama dua abad mendatang.

"Jadi, meskipun Anda tidak peduli dengan masalah moral dan etika terkait hilangnya spesies, kepunahan ini penting karena alasan lain, seperti hilangnya spesies yang membantu lingkungan berfungsi secara efektif," tutur Matthews.

Topik Menarik