Pakar Sebut Rencana Program Cek Kesehatan Gratis Disebut Tepat, Ini Alasannya!

Pakar Sebut Rencana Program Cek Kesehatan Gratis Disebut Tepat, Ini Alasannya!

Berita Utama | okezone | Jum'at, 27 September 2024 - 03:15
share

PAKAR Kesehatan dr Dicky Budiman menilai, rencana Presiden terpilih Prabowo Subianto yang akan membuat program pemeriksaan kesehatan gratis dengan sasaran 52 juta orang Indonesia merupakan langkah yang tepat.

Seperti diketahui, secara jangka panjang, program pemeriksaan kesehatan gratis ini menjadi target untuk menciptakan generasi yang lebih sehat menyusul Indonesia Emas 2045. Terlebih, jika program pemeriksaan kesehatan gratis ini bisa tepat sasaran.

Khususnya bagi kelompok-kelompok rentan, salah satunya untuk penderita Tuberkulosis yang rencananya akan menjadi kelompok prioritas pertama.

“Wacana kebijakan ini secara umum bisa dianggap tepat ya. Terutama harus menyasar kelompok rentan, atau berisiko tinggi terhadap penyakit tertentu, seperti TBC, hipertensi, diabetes, atau penyakit kronis lainnya,” ujar dr Dicky, kepada MNC Portal, Kamis, 26 September 2024.

 

“Karena apa? karena Indonesia menghadapi banyak penyakit menular dan tidak menular yang tinggi. Antara lain kita diabetes tiga besar, bahkan TBC juga tiga besar, ini contoh ya bagaimana masalah yang dihadapi Indonesia,” katanya.

Dokter Dicky menambahkan, pemeriksaan kesehatan merupakan salah satu langkah tepat dalam melakukan pencegahan dini terhadap beberapa penyakit yang cukup membebani anggaran kesehatan di Indonesia tersebut.

“Yang ini kalau tidak dilakukan pencegahan deteksi dini, ini akan membebani semakin besar anggaran-anggaran kesehatan kita. sehingga skrining preventif, atau pencegahan ini bisa membantu mengurangi beban biaya perawatan yang lebih besar di kemudian hari,” katanya.

Topik Menarik