Albania Akan Mendirikan Negara Muslim Mini di Ibu Kotanya

Albania Akan Mendirikan Negara Muslim Mini di Ibu Kotanya

Berita Utama | okezone | Selasa, 24 September 2024 - 10:28
share

ALBANIA berencana mendirikan negara Muslim mini di ibu kota negaranya Tirana. Negara Muslim mini ini akan dipimpin kelompok Syiah di sana yaitu Bektashi.

Rencana pembentukan negara Muslim mini ini disampaikan Perdana Menteri Albania Edi Rama. Ia mengatakan hadirnya negara Muslim tersebut sebagai sarana untuk mempromosikan kerukunan dan dialog agama.

Dia menerangkan, negara Muslim mini ini mirip Vatikan. Bakal berfungsi sebagai rumah politik bagi tarekat Bektashi yang merupakan komunitas agama terbesar keempat di Albania setelah Muslim Sunni, Kristen Ortodoks, dan Katolik.

Tarekat Bektashi didirikan pada abad ke-13 di Kekaisaran Ottoman di Turki. Beberapa pemimpin terpentingnya pindah ke Albania pada awal abad ke-20.

"Inspirasi kami adalah untuk mendukung transformasi Bektashi World Center di Tirana menjadi negara berdaulat, pusat moderasi, toleransi, dan koeksistensi damai yang baru," kata Rama di Markas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat, Ahad 22 September 2024, dikutip dari laman Arab News .

Topik Menarik