Pilot Susi Air Berhasil Dibebaskan, Susi Pudjiastuti Ucapkan Terima Kasih dan Penghargaan

Pilot Susi Air Berhasil Dibebaskan, Susi Pudjiastuti Ucapkan Terima Kasih dan Penghargaan

Berita Utama | sorongraya.inews.id | Minggu, 22 September 2024 - 04:30
share

 

 

TIMIKA, iNewsSorong.id -  Susi Pudjiastuti selaku CEO Maskapai Susi Air menyampaikan rasa syukurnya atas pembebasan Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens yang disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya sejak 7 Februari 2023 di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Mantan Menteri Perikanan dan Kelautan itu menyampaikan rasa syukur yang mendalam serta terima kasih kepada Satgas Ops Damai Cartenz-2024 dan seluruh pihak yang terlibat selama proses pembebasan Pilot Philip.

"Alhamdulillahi rabbil 'alamin, saya bersyukur akhirnya kapten kami, Philip Mark Mehrtens, hari ini sudah pulang kepada kami dan telah diberangkatkan ke Jakarta," kata Susi Pudjiastuti dalam pernyataannya.

Susi juga memberikan apresiasi kepada Presiden Indonesia Joko Widodo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI, Kapolri, Menteri Dalam Negeri, serta seluruh aparat TNI-Polri dan Satgas Operasi Damai Cartenz-2024.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah di Papua serta semua pihak yang terlibat dalam proses pembebasan.

“Kami sangat prihatin dan bersedih atas insiden penyanderaan ini. Namun, akhirnya hari ini, Sabtu, 21 September 2024, Kapten Philip Mark Mehrtens dapat kembali kepada kami,” tambahnya dengan penuh haru.

Di sisi lain, Kepala Satuan Tugas Humas Operasi Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Bayu Suseno, juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang berperan dalam Upaya pembebasan pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens.

"Kami berterima kasih kepada para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh pemuda, dan semua pihak yang telah berkontribusi dalam upaya pembebasan Kapten Philip Mark Mehrtens," tutup Bayu dalam keterangannya.

Sebelumnya diberitakan, Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens disandera oleh Kelompok Kriminnal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Distrik Paro, Nduga, Papua Pegunungan sejak 7 Februari 2023. Kapten Philip disandera saat sedang melayani masyarakat di wilayah pedalaman Papua Pegunungan.

Dalam proses negoisasi yang cukup panjang dengan melakukan pendekatan-pendekatan kemanusian dengan para tokoh di wilayah itu, Kapten Philp aakhirnya berhasil di bebaskan pada Sabtu (21/9/2024).

Pembebasan tersebut dilakukan oleh Tim Gabungan TNI-Polri dan Satgas Ops Damai Cartenz-2024 di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Keberhasilan Satgas Damai Cartenz dalam membebaskan Kapten Philip yang disandera oleh kelompok OPM pimpinan Egianus Kogoya di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak.

Keberhasilan pembebasan dengan pendekatan damai, atau soft approach, dinilai  menunjukkan komitmen satgas untuk menyelesaikan konflik tanpa kekerasan.

 

 

 

Topik Menarik