Terekam CCTV, Aksi Viral Pencuri 4 Burung Kicau Seharga Belasan Juta di Kulonprogo

Terekam CCTV, Aksi Viral Pencuri 4 Burung Kicau Seharga Belasan Juta di Kulonprogo

Berita Utama | inews | Selasa, 17 September 2024 - 08:34
share

KULONPROGO, iNews.id - Aksi pencurian empat burung kicau viral di media sosial. Lokasi kejadian di Desa Tayuban, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulonprogo, DIY, Senin (16/9/2024).

Dalam rekaman CCTV terlihat saat pelaku beraksi seorang diri mengenakan kaus putih mencuri empat burung kicau milik warga bernama Maryono. Pelaku mengambil empat burung seharga Rp16,5 juta yang ada dalam sangkar digantung di teras rumah korban.

Kasi Humas Polres Kulonprogo AKP Triatmi Noviartuti saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut.

“Benar ada pencurian burung di Panjatan yang terekam CCTV,” ujar Triatmi, Selasa (17/9/2024).

Pencurian ini pertama kali diketahui korban ketika akan melaksanakan olahraga pagi. Saat itu korban tidak mendengar kicauan burung yang biasanya bersahut-sahutan pada pagi hari.

Korban kemudian mengecek ke kandang dan mendapati tiga sangkar dalam keadaan kosong. Korban dan cucunya kemudian mengecek ke dalam rekaman CCTV dan diketahui ada pencuri membawa kabur burungnya. Kasus ini kemudian dilaporkan ke Polsek Panjatan.

Empat burung yang hilang yakni jenis burung poksai seharga Rp3 juta. Satu burung murai batu seharga Rp3,5 juta dan satu burung Koci dan burung kacer masing-masing seharga Rp5 juta.  

“Kasus ini masih dalam penyelidikan. Kami sudah mendapatkan rekaman CCTV,” katanya.

Novi mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dan meningkatkan keamanan. Kegiatan ronda harus ditingkatkan untuk menciptakan keamanan kampung.

Topik Menarik